UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAMA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BARU 02 JAKARTA TIMUR (Penelitian pada mahasiswa semester VIII Tahun Akademik 2016/2017 Jurusan Magister Pendidikan Dasar

WISNU PERMADI, . (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRAMA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI BARU 02 JAKARTA TIMUR (Penelitian pada mahasiswa semester VIII Tahun Akademik 2016/2017 Jurusan Magister Pendidikan Dasar. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. FILE COVER-dikonversi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB I-dikonversi.pdf

Download (216kB)
[img] Text
9. BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf

Download (207kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN-LAMPIRAN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan metode Drama pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Baru 02 Jakarta Timur. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, metode deskriptif, dan bentuk penelitian tindakan kelas. Data yang diperoleh adalah keterampilan berbicara peserta didik sekolah dasar kelas IV mulai dari Base line sampai dengan siklus II. Teknik pengumpulan data melalui tindakan kelas. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi peserta didik dalam proses pembelajaran, untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara peserta didik digunakan lembar evaluasi atau tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran drama dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan rata-rata prasiklus sebesar 16,66% yang diperoleh dapat disimpulkan peningkatan pada siklus I 24,70%, pada siklus II 39,86%. Dengan demikian, penelitian menggunakan metode drama pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam berbicara. ************ The purpose of this study is to describe the improvement of speaking skills by using drama method in students in grade IV of Sekolah Dasar Baru 02 East Jakarta.This research method, using a class action research method.The research procedure of each cycle consists of four stages including: planning, execution of actions, observation and reflection.This research uses qualitative research approaches, descriptive methods, and forms of class action research.The data obtained is the speaking skills of grade IV elementary school students rangingfrom Base lineto cycle II.Data collection techniques through class actions.This data collection uses instruments in the form of observation observation sheets of learners in the learning process, to find out the improvement of students' speaking skills used evaluation sheet atautest.The results showed that the use of drama learning methods can improve students' speaking skills inIndonesian subjects..Basedon the precyclical average of 16.66%%besummed up byan increase in cycleIof 24.70%,in cycle II39.86%.Thus, research usingdrama methodsinBahasaIndonesialearning canimprove the skills of students in speaking.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). DR. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). DR. Phil. Zarina Akbar, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 6203 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2021 11:13
Last Modified: 20 Jan 2021 11:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12416

Actions (login required)

View Item View Item