HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA HANDPHONE NOKIA PADA WARGA RW 08 KELURAHAN JATINEGARA KECAMATAN CAKUNG,JAKARTA TIMUR

GIUSTI MURAH SULANJARI, . (2014) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA HANDPHONE NOKIA PADA WARGA RW 08 KELURAHAN JATINEGARA KECAMATAN CAKUNG,JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
GIUSTI MURAH SULANJARI-dikompresi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas pelanggan pengguna handphone Nokia pada warga RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Selama empat bulan terhitung sejak Maret 2014 sampai dengan Juni 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Populasi terjangkaunya adalah warga RT 09 RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, Jakarta Timur sebanyak 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana sebanyak 30 orang. Untuk menjaring data dari kedua variabel digunakan kuesioner model skala likert untuk Kepuasan Pelanggan (Variabel X) dan Loyalitas Pelanggan (Variabel Y). Sebelum instrument ini digunakan dilakukan uji validitas untuk kedua variabel. Untuk variabel X, dari 30 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat tiga butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 27 butir pernyataan. Untuk variabel Y, dari 26 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 6 butir pernyataan yang drop, sedangkan yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 20 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas kedua variabel itu menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,86 dan hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,48. Hasil ini membuktikan bahwa instrument tersebut reliable. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 30,52 + 0,44 X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,0769, sedangkan Ltabel untuk n 40 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,147. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 11,06 > 4,10, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,475, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 3,325 dan ttabel = 1,67. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,2254 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 22,54% yang menunjukkan bahwa 22,54 % variasi loyalitas pelanggan ditentukan oleh kepuasan pelanggan. ******************* The purpose of this study to determine a positive relationship between customer satisfaction to customer loyalty Nokia mobile user in RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, East Jakarta. This research was conducted in RW 08 Sub Djatinegara Cakung subdistrict, East Jakarta. For four months, starting from March 2014 until June 2014. Research method is a survey method with the correlational approach. The population in this study were all residents of RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, East Jakarta. Population inaccessibility is a resident of RT 09 RW 08 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung, East Jakarta, as many as 45 people. The sampling technique used is simple random technique as many as 30 people. To capture the data from the two variables used questionnaire Likert scale model for Customer Satisfaction (Variable X) and Customer Loyalty (Variable Y). Before this instrument is used to test the validity of these two variables. For a variable X, of 30 validated the statement after the statement that there are three drop, while meeting the criteria or valid statement consists of 27 items. For variable Y, of 26 validated the statement after the statement that there are 6 drop, while meeting the criteria or invalid consists of 20 framed items. The calculation of the reliability of both variables using Cronbach Alpha formula. The results of the X variable reliability of 0.86 and Y variable reliability results by 0.48. This result proved that the instrument is reliable. The resulting regression equation is Ŷ = 30.52 + 0.44 X Test requirements analysis is the normality test on the estimated regression error Y over X with Liliefors generate test Lhitung = 0.0769, whereas for n Ltable 40 at significance level of 0.05 was 0.147. Because Lcount <Ltable the estimated regression error Y over X is normally distributed. Testing linearity of regression produces Fcount> Ftable, is 11.06>4.10, meaning that the regression equation significantly. The correlation coefficient of Pearson Product Moment generating rxy = 0.475, then test the significance of the correlation coefficient using the t test and the result of t = 3.325 and t table = 1.67. It can be concluded that the correlation coefficient rxy = 0.2254 is significant. The coefficient of determination obtained for 22.54% 22.54% which indicates that the variation is determined by customer loyalty customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Setyo Ferry Wibowo,S.E, M.Si. ; 2). Dra. Nurahma Hajat, M.Si.
Subjects: Manajemen > Perilaku Konsumen
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 18 Jan 2021 15:31
Last Modified: 18 Jan 2021 15:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12421

Actions (login required)

View Item View Item