PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN STIMULASI SENSORI ANAK USIA 4-6 TAHUN BERBASIS AKTIVITAS BERMAIN TUJUH INDERA

ROSIYANAH, . (2020) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN STIMULASI SENSORI ANAK USIA 4-6 TAHUN BERBASIS AKTIVITAS BERMAIN TUJUH INDERA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Pemberian stimulasi sensori yang terbatas pada tahun-tahun pertama setelah kelahiran anak telah memunculkan gangguan sensori yang menghambat aktivitas belajar anak saat memasuki dunia sekolah. Berangkat dari keadaan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa buku panduan stimulasi sensori pada anak usia 4-6 tahun berbasis aktivitas bermain tujuh indera yang ditujukan untuk para guru anak usia dini terkhusus guru di satuan pendidikan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat yang dapat menjadi panduan dalam menstimulasi kemampuan sensori anak dalam proses pembelajaran dengan pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terintegrasi dengan model Rowentree. Subjek dari penelitian ini adalah para guru di satuan pendidikan dalam lingkungan Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Berdasarkan hasil analisa data terdapat peningkatan skor penilaian penggunaan panduan dalam tahapan uji coba, yaitu: 1) Skor nilai hasil uji coba one to one dengan lima orang responden didapat perolehan skor 472 dari skor maksimal 625 dalam prosentase 75,52%. 2) Skor nilai hasil uji coba kelompok kecil dengan 15 orang responden diperoleh skor 1663 dari skor maksimal 1875 dalam rata-rata prosentase 88,69%. 3) Skor nilai uji coba lapangan utama dengan 35 orang responden didapat perolehan skor 4156 dari skor maksimal 4375 dalam prosentase 94,99%. Berdasarkan ketiga tahapan uji coba panduan didapat total nilai skor perolehan 6291 dari skor maksimal 6875 dalam bentuk prosentase 91,50%. Berdasarkan hasil skor rata-rata prosentase dari ketiga tahapan uji coba yang telah dilakukan berada dalam rentang nilai prosentase 76% - 100% maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan stimulasi sensori berbasis tujuh indera dalam kategori sangat baik. Simpulan penelitian pengembangan ini berdasarkan hasil skor penilaian penggunaan dalam kegiatan tiga tahapan uji coba maka dapat disimpulkan bahwa buku panduan stimulasi sensori berbasis aktivitas bermain tujuh indera dalam kategori sangat baik yang diinterpretasikan bahwa buku panduan sangat layak digunakan. Buku panduan stimulasi sensori dengan pendekatan bermain tujuh indera dapat meningkatkan kompetensi pedagogis, sikap dan profesional para guru dalam memahami dan menstimulasi sensori dengan tepat melalui aktivitas bermain yang mengaktifkan tujuh indera tersusun secara terstruktur dan sistematis sehingga mengoptimalkan kematangan dan kesiapan anak belajar secara akademik.********** The sensory stimulation is in the first years after the birth of children have a disorder that inhibits the activity to sensory learning child while entering the school. To depart from of a guidebook sensory stimulation in children age 4-6 based in the activity of playing seven senses devoted to early childhood teachers units kindergarten teacher education Cempaka Putih sub district, Central Jakarta to guide in stimulation sensory child in learning the play. The research is the research and development (R & D), development model used in this research is the model ADDIE was linked to Rowentree model. The subject of the research is teachers in education in an environment of Cempaka Putih sub district, Central Jakarta. Based on the results of the analysid is the use of assessment data increase score guide in four trial: 1) the score value the results of the tryouts one to one with five respondens obtained the score 472 of the score 625 in maximum prosentase 75,52%, 2) score value the results of the tryouts the small with 15 respondents a score was obtained maximum 1663 of the score in the average 1875 prosentase 88,69%, 3) the main field trial score with 35 respondets obtained a score of 4156 from a maximum score of 4375 in prosentase 94,99%. Based on third trial from the guide the total value of the 6291 score of the score in the from maximum 6875 prosentase 91,50%. Based on the average score prosentase of the three by the trial is over the prosentase 76%-100% have concluded that aguidebook sensory stimulation based senses in category seven excellent interpreted that guidebook very fit for use guidebook sensory stimulation of the senses play seven can increase the competency pedagogis, attitudes and professional teachers in understanding and stimulate sensory right through to the activity of playing that activates sensory seven arrayed in structured and systematic and optimize maturity and readiness children learn in academic.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yufiarti., M.Psi. ; 2). Dr. R. Sri Martini Meilani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 21 Jan 2021 11:14
Last Modified: 21 Jan 2021 11:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12448

Actions (login required)

View Item View Item