MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DI KELAS IV SDS HANG TUAH 6 JAKARTA UTARA

IMAN NUR SYUHADA, . (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DI KELAS IV SDS HANG TUAH 6 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0.COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
1.ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB I Iman.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB II Iman.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III Iman.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV iman.pdf

Download (458kB)
[img] Text
BAB V Iman.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP IMAN.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS tentang sumber daya alam dan kegiatan ekonomi melalui metode role playing (bermain peran) yang berjumlah 30 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Adapun prosedur peneitiannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan data pada siklus I, hasil belajar yang diperoleh sebesar 60% atau hanya 18 siswa yang memperolehh nilai ≥ 70 (KKM). Pada siklus II, hasil belajar meningkat menjadi 83,3% atau sebanyak 25 siswa memperoleh nilai ≥ 70 (KKM). Adapun penggunaan metode role playing (bermain peran) pada siklus I, pemantau tindakan guru dan siswa mencapai 66,6% dan pada siklus II mencapai 86,6%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode role playing (bermain peran) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDS Hang Tuah 6 Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2019 12:24
Last Modified: 07 Nov 2019 12:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1245

Actions (login required)

View Item View Item