Dony Setiawan, . (2019) PENERAPAN METODE PEER TEACHING( TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PADA KOMPETENSI TUNE UP SEPEDA MOTOR SISTEM BAHAN BAKAR EFI SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK JAYA JAKARTA T.A 2017/2018. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (104kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf Download (299kB) |
|
Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (285kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (147kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) |
|
Text
12. a. BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text
12. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text
12. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
|
Text
12. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (646kB) |
|
Text
12. e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (86kB) |
Abstract
Peer Teaching(tutor sebaya) adalah sumber belajar selain guru, yaitu teman sebaya yang lebih pandai, yang pemanfaatannya diharapkan dapat memberikan bantuan belajar kepada teman-temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar keterampilan dan keaktifan siswa kelas XI TSM di SMK JAYA JAKARTA dengan penerapan metode pembelajaran peer teaching (tutor sebaya). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan 2 macam variabel : 1) variabel bebas, yaitu Penerapan Metode Peer Teaching (Tutor Sebaya) ; 2) variabel terikat, yaitu nilai keterampilan Tune Up Sepeda Motor Sistem Bahan Bakar EFI siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor SMK Jaya Jakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Jaya Jakarta Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 29 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah data yang bersifat kuantitatif seperti nilai unjuk kerja yang akan dianalisis dengan teknik penafsiran skor acuan kriteria (Criterion Reference Test).Hasil penelitian menunjukan bahwa : siklus I, II, dan III terlihat adanya peningkatan hasil belajar dan kerja sama siswa, dimana siklus I menunjukan persentase nilai ketuntasan klasikal sebesar 44,83 % dan dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 78 sebanyak 13 siswa dan rata-rata nilai ketuntasan sebesar 75,55. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan pada persentase nilai ketuntasan klasikal sebesar 62,07% dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 78 sebanyak 18 siswa dan rata-rata nilai ketuntasan siswa sebesar 78,41. Selanjutnya pada siklus III menunjukkan persentase nilai ketuntasan klasikal sebesar 86,21 % dengan jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 78 sebanyak 25 orang dan rata-rata nilai ketuntasan siswa sebesar 81,07
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Priyono, M.Pd ; 2). Drs. Syamsuir, M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 11:59 |
Last Modified: | 22 Jan 2021 11:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12476 |
Actions (login required)
View Item |