HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA

TETTI MANULLANG, . (2014) HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X SMK NEGERI 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Tiong.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi yang berjumlah 71 siswa. jumlah sampel dari populasi adalah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel ini dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Lingkungan Belajar), digunakan instrument berbentuk kuesioner, uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Lingkungan Belajar) sebesar 0,938. Persamaan model Regresi Linear Sederhana menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 24,96 + 0,24X. Uji persayaratan analisis, menguji galat taksran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,0642) < Ltabel (0,116) dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf siginfikansi 0,05. Dari hasil kelinearan regresi diperoleh Fhitung = 0.85 < Ftabel = 1.99 ini menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Dalam uji hipotesis. Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung 32,34> Ftabel 4,02, ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah (thitung> ttabel) = 5,687 > 1,67. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 = (0,605)= 0,3661 ini menunjukkan bahwa 36,61% variasi hasil belajar ditentukan oleh lingkungan belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara lingkungan belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 50 Jakarta. ************** The method used was a survey method with the correlational approach. Population inaccessibility is a class X student majoring in Accounting, amounting to 71 students. number of samples of the population is 58 students. This sampling technique using simple random sampling technique. To capture the data variable X (Learning Environment), shaped instrument used questionnaires, reliability tests with Cronbach alpha formula. Results of reliability variables X (Learning Environment) of 0.938. Simple Linear Regression Model equations generate the regression equation Y = 24.96 + 0.24 X Test requirement analysis, regression testing taksran error Y over X indicates that the estimated regression error Y over X is normally distributed. This is evidenced by calculations that show that Lhitung (0.0642) <Ltabel (0.116) using the test Liliefors siginfikansi 0.05 level. Kelinearan results obtained from the regression of F = 0.85 <F table = 1.99 indicates that the regression model used is linear. In hypothesis testing. Significance of test results obtained by the regression of F 32.34> F 4.02, this proves that the mean regression. Coefficient significance test using the t test. The result is (t count> t table) = 5.687> 1.67. The calculation of the coefficient of determination produce rxy2 = (0.605) = 0.3661 indicates that 36.61% variation of learning outcomes is determined by the learning environment. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between learning environment with learning outcomes in class X Accounting SMK Negeri 50 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Jan 2021 17:24
Last Modified: 22 Jan 2021 17:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item