PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Fenomenologi pada Siswa Kelas IX MTs. Al Muhtadin Bantargebang - Bekasi)

ARI FATMAWATI, . (2020) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK (Penelitian Fenomenologi pada Siswa Kelas IX MTs. Al Muhtadin Bantargebang - Bekasi). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. BAB I,ar.pdf

Download (218kB)
[img] Text
3. BAB II,ar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
4. BAB III,ar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
5. BAB IV,ar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] Text
6. BAB V,ar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA,ar.pdf

Download (197kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN,ar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. COVER,ar edit.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX MTs. Al Muhtadin Bantar Gebang – Bekasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas IX MTs. Al Muhtadin Bantar Gebang – Bekasi. Sedangkan pada subfokus penelitian ini adalah kurikulum, tujuan, materi, metode, strategi, media, dan evaluasi. Penulis atau peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Setelah pengumpulan data diperoleh maka data dianalisis secara mengatur, membaca, mendeskripsikan, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menarasikan data yang diperoleh dengan model Creswell. Hasil penelitian menunjukan bahwa kurikulum, tujuan, materi, metode, strategi, media, dan evaluasi pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas IX MTs. Al Muhatadin Bantar Gebang – Bekasi disusun secara sistematis, dan lengkap. Proses pembelajaran terlaksana dengan efektif karena didukung oleh fasilitas yang lengkap, persiapan pembelajaran yang matang, dan tenaga pendidik yang profesional sehingga dapat mencapai keberhasilan dalam pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek ************ The aim of this research is to find out a deep understanding of the learning the short story writing skill at the nine grade students of MTs. Al Muhtadin, Bantargebang –Bekasi. This research is qualitative with a fenomenology method. The focus of the research is the learning of the short story writing skill of the nine grade students of MTs. Al Muhtadin, Bantargebang –Bekasi. The subfocus of the research is the curriculum,objectives, material, method, strategy, media, and evaluation. The writer or researcher collected the data through observation, a deep interview and documentation. After the data had been collected, they were analysed through arranging, reading, describing, clasifying, interpretating, and narrating the data using creswell model. The result of the study is that the curriculum, material, methods, strategy, media, and evaluation of the learning of the short story skill at the nine grade students of MTs. Al Muhtadin, Bantargebang –Bekasi were arranged systematically and completely. The learning process was done effectively because it was supported by complete facilities, a well prepared learning and professional teachers do the learning of short story writing skill is successful.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 6567 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2021 15:42
Last Modified: 29 Jan 2021 15:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item