MANAJEMEN MUTU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SEKOLAH (Studi di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang dan SD Islam Al-Ikhlas Kota Tangerang)

INDAH KUSUMA PRADINI, . (2016) MANAJEMEN MUTU DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI SEKOLAH (Studi di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang dan SD Islam Al-Ikhlas Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. ABSTRAK B. INDO SIDANG.pdf

Download (8kB)
[img] Text
5. ABSTRAK ENGLISH SIDANG.pdf

Download (101kB)
[img] Text
6. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (128kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (89kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
12. (Indah K.P) BAB I SKRIPSI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
13. (Indah K.P) BAB II SKRIPSI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
14. (Indah K.P) BAB III SKRIPSI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
15. (Indah K.P) BAB IV SKRIPSI.pdf

Download (316kB)
[img] Text
16. (Indah K.P) BAB V SKRIPSI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
17. (Indah K.P) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB)
[img] Text
26. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (80kB)
[img] Text
JURNAL INDAH KUSUMA PRADINI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SDN Tanah Tinggi 3 Kota Tangerang dan SD Islam Al-Ikhlas Kota Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen mutu dalam upaya peningkatan prestasi sekolah. Fokus dari penelitian ini yaitu manajemen mutu dengan sub fokus penelitian yakni perencanaan (Planning) dan pelaksanaan (Actuating). Pendeketan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus komparatif yang bersifat deskriptif. Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian, perencanaan mutu dalam upaya peningkatan prestasi sekolah dilakukan dengan rapat kerja, setiap komponen dalam sekolah menentukan tujuan sekolah berdasarkan pada visi dan misi sekolah kemudian di tentukan penentuan sasaran target dengan menganalisis kebutuhan sekolah, dilakukan penyusunan program sekolah dan program kerja untuk peningkatan prestasi di dalam sekolah dan juga dilakukan perencanaan masa yang akan datang. Dilakukan pengambilan keputusan serta kebijakan-kebijakan, dari kegiatan perencanaan peningkatan prestasi sekolah tersebut dapat menciptakan suatu rencana pelaksanaan peningkatan prestasi sekolah. Dalam pelaksanaan, dilakukan pengembangan komponen program peningkatan prestasi terutama dalam lingkup adiwiyata. Pelaksanaan dilakukan dengan mengembangkan kebijakan peduli dan berbudaya lingkungan, mengembangkan kurikulum yang berbasis lingkungan, mengembangkan kegiatan berbasis partisipatif dan meningkatkan pengelolaan serta penambahan sarana prasarana. Dari aspek pelaksanaan kegiatan sekolah tersebut dapat tercipta adanya peningkatan dalam prestasi sekolah di bidang lingkungan. SDN Tanah Tinggi 3 dalam hal peningkatan dan pengembangan prestasi dibidang akademik perlu adanya pengembangan kurikulum dari segi pengembangan diri siswa atau ekstrakurikuler. Sedangkan untuk SD Islam Al-Ikhlas dalam pelaksanaan pengembangan sumber daya manusia diperlukan penambahan sumber daya manusia

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Rochanah M.M, ; 2). Amril Muhammad, SE., M.Pd,
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Nov 2019 12:53
Last Modified: 07 Nov 2019 12:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1251

Actions (login required)

View Item View Item