PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MATERI TRIGONOMETRIDI MAN 3 JAKARTA

Hikmah Haula Syahidah, . (2019) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MATERI TRIGONOMETRIDI MAN 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
2. ABSTRAK&ABSTRACT.pdf

Download (199kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (191kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (8kB)
[img] Text
11a. BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode penemuan terbimbing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa Madrasah Aliyah Negeri 3 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment (eksperimen semu) dengan desain penelitian the nonequivalent posttest-only control group. Pengambilan sampel tahap pertama menggunakan purposive sampling, dilanjutkan dengan cluster random samplinguntuk dipilih dua kelas sampel penelitian sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing dan kelas kontrol dengan menerapkan metode konvensional. Kedua kelas berasal dari populasi yang berdistribusi normal, homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata pada populasi terjangkau.Setelah perlakuan, kedua kelas diberi instrumentes kemampuan penalaranmatematis yang sebelumnya sudah diuji validitas isi, konstruk, dan realibilitasnya. Berdasarkan uji prasyarat data setelah perlakuan, kedua kelas memiliki distribusi normaldan homogen. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan varians sama pada taraf signifikansi α=0,05. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh nilai thitung = 2,143496dan ttabel= 1,675905. Hasil perhitungan menunjukkan bahwathitung>ttabel,maka tolak H0. Sehingga, terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi trigonometri dengan katagori besar pengaruh berdasarkan effect sizeyaitu sedang atau 73%

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Makmuri, M.Si ; 2). Dr. Lukman El Hakim, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 26 Jan 2021 14:59
Last Modified: 26 Jan 2021 15:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12538

Actions (login required)

View Item View Item