UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

INTAN MA’NUNAH, . (2019) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN DENGAN STRATEGI MASTERY LEARNING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA DAN KOMPUTER UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (148kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (106kB)
[img] Text
3. Halaman Pernyataan.pdf

Download (164kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (81kB)
[img] Text
6. Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (237kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata kuliah Algoritma dan Pemrograman dengan penggunaan strategi mastery learningpada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Jakarta semester 110 (Genap2018/2019).Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yang berjumlah 82 mahsiswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar mata kuliah Algoritma dan Pemrograman melalui strategi mastery learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Dari hasil seluruh kelas sebelum diterapkan strategi mastery learningpada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman yang diperoleh nilai pre-test 2% telah melewati dan 98 % belum mencapai nilai minimal. Hasil pada siklus 1 memiliki rata-rata nilai kuis 1 mendapat nilai 55 dengan 9% telah melewati dan 91 % belum mencapai nilai minimal, rata-rata remedial mendapat nilai 63 atau 27% telah melewati dan 73% belummencapai nilai minimal, rata-rata kuis 2 mendapat nilai 46 atau 7% melewati dan 93% belum mencapai nilai minimal, rata-rata remedial mendapat nilai 50 atau 10% telah melewati dan 90% belum mencapai nilai minimal. Kemudian untuk siklus 2 memiliki rata-ratanilai kuis 3 mendapat nilai 43 atau 1% telah melewati dan 99% belum mencapai nilai minimal, rata-rata remedial mendapat nilai 65 atau 35% telah melewati dan 65% belum mencapai nilai minimal, rata-rata ujiaan tengah semester (UTS) mendapat nilai 61 atau 26% telah melewati dan rata-rata 74% belum mencapai nilai minimal. Berikut hasil yang telah didapat belum memberikan perkembangan yang signifikan. Berdasarkan hasil kuisioner diakhir siklus dapat diduga penyebab belum tercapainya hasil yang memuaskan adalah bahwa sebagian besar mahasiswa baru mengenal bahasa pemrograman Java, dan waktu yang digunakan untuk mempelajari pemrograman java masih terbatas diluar perkuliahan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, S.Si., M.T ; 2). M.Ficky Duskarnaen, S.T, M.Sc.
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Jan 2021 15:32
Last Modified: 27 Jan 2021 15:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12551

Actions (login required)

View Item View Item