Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN Malaka Jaya 07 Pagi Jakarta Timur

INDAH MURTINI, . (2016) Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA Melalui Pendekatan Saintifik Di Kelas V SDN Malaka Jaya 07 Pagi Jakarta Timur. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (134kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (105kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (684kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Text
indahmurtini - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V-B pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Malaka Jaya 07 Pagi, Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart melalui tiga siklus. Pada siklus I didapatkan skor rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu sebesar 15 dengan ketercapaian sebanyak 10% atau 1 dari 10 subjek penelitian yang sudah dapat dikatakan masuk dalam kategori aktif, kemudian hasil skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 19,4 dengan ketercapaian sebanyak 60% atau 6 dari 10 subjek penelitian sudah dapat dikatakan masuk dalam kategori aktif dan pada siklus III hasil skor rata-rata aktivitas belajar siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 22,9 dengan ketercapaian sebanyak 70% atau 7 dari 10 subjek penelitian sudah masuk dalam kategori aktif dan 30% atau 3 dari 10 subjek penelitian masuk kedalam kategori sangat aktif. Hal ini membuktikan bahwa Pendekatan Saintifik memiliki dampak yang positif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain dapat meningkatkan aktivitas dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, penerapan pendekatan saintifik juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata 66,6 , kemudian meningkat menjadi 84,6 pada siklus II, dan pada siklus III nilai rata-rata siswa kembali mengalami peningkatan menjadi 85. Dengan demikian semakin siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, maka semakin siswa dapat lebih memahami materi pelajaran yang diterima sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Sedangkan bagi guru, implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat menerapkan pendekatan saintifik sebagai alternatif untuk dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, namun guru harus memahami langkah-langkah penerapan dalam pendekatan saintifik. Hal ini dimaksudkan agar pendekatan saintifk dapat diterapkan dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar, M.Pd ; 2). Dra. Suprayekti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Nov 2019 14:57
Last Modified: 07 Nov 2019 14:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item