HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK ISLAM PB. SOEDIRMAN 2 DI JAKARTA TIMUR

NURUL SITI KHADIJAH, . (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK ISLAM PB. SOEDIRMAN 2 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NURUL SITI KHADIJAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris yang valid, dan dapat dipercaya (reliable) tentang hubungan antara motivasi mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan prestasi belajar pada Siswa SMK Islam PB. Soedirman 2. Penelitian dilakukan di Jurusan Administrasi Perkantoran, SMK Islam PB. Soedirman 2, Jakarta Timur selama 3 bulan, yaitu dari bulan Maret sampai dengan Mei 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah Siswa SMK Islam PB. Soedirman 2 yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan Populasi terjangkaunya adalah Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran sebanyak 61 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik acak sederhana sebanyak 51 orang. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors menghasilkan Lhitung = 0,076, sedangkan Ltabel untuk n = 51 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,124. Karena Lhitung < Ltabel maka galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Ŷ = 62,28 + 0,120X. Dari uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung > Ftabel , yaitu 22,87 > 4,04, artinya persamaan regresi tersebut signifikan. Uji linearitas regresi menghasilkan Fhitung < Ftabel yaitu 1,15 < 2,07, sehingga disimpulkan bahwa persamaan regreasi tersebut linier. Koefisien korelasi Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy = 0,564, selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji t dan dihasilkan thitung = 4,78 dan ttabel =1.68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasi rxy = 0,564 adalah signifikan. Koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 31,82% yang menunjukkan bahwa variasi Prestasi Belajar ditentukan oleh Motivasi Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler dan 68.18% ditentukan oleh faktor lain. Kata kunci: Motivasi Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar, Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Dra. Nurahma Hajat, M.Si 2.) Drs. Nurdin Hidayat, MM., M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: putra putra putra
Date Deposited: 07 Nov 2019 16:17
Last Modified: 07 Nov 2019 16:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item