PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEDIA PEMBELAJARAN FILM DAN POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI SEJARAH DI KELAS 5 SDN CIBULUH 3 KOTA BOGOR

MEGAH ISLAM HUMALA SIREGAR, . (2019) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MEDIA PEMBELAJARAN FILM DAN POWER POINT PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI SEJARAH DI KELAS 5 SDN CIBULUH 3 KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (28kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (37kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan penggunaanpembelajaranmenggunakan mediafilmdenganmedia PowerPoint terhadap hasilbelajar peserta didik pada pelajaran IPS materi Sejarah kelas 5 SDN Cibuluh 3 KotaBogor. Hasil belajar peserta didik kelas 5 SDN Cibuluh 3 Kota Bogor yang terbiasadiajar menggunakan media PowerPoint semakin menurun untuk 3 tahun terakhir.Dari permasalahan tersebut perlu adanya alternatif solusi yaitu penerapan mediapembelajaran baru yaitu media film.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswakelas 5SDN Cibuluh 3 Kota BogorTahun Ajaran 2017/2018.Metode penelitianyang digunakan adalahmetode eksperimen semu dengan desainNonequivalentcontrol group pretest-posttest design. Dengan tekneik pengambilan sampelpurposivesamplingterpilih 2 sampel yaitu kelas 5-A sebagai kelaskontroldan kelas 5-Bsebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran denganmenggunakan mediafilmsedangkan kelas controldiberi perlakuanpembelajarandengan menggunakan media PowerPoint.Instrumen penelitianyang digunakanadalah tes hasilbelajar yang berupa tes objektif berbentuk pilihan gandayang telahdiuji validitas danreliabilitasnya.Hasil belajar pada kelas eksperimen diperoleh nilaitertinggi post-test sebesar 95dan nilai terendah post-test sebesar 55 dengan rata-rata80,38. Kelaskontrol yang memperoleh nilai tertinggi post-test sebesar 95 dan nilaiterendah post-test sebesar 60 dengan rata-rata sebesar 80.Uji gain pada kelaseksperimensebesar 0,7 dengan kategori rendahsedangkan ujigain pada kelas kontrolsebesar 0,4 dengan ketegori rendah. Hal ini menunjukkan pembelajaran denganmengggunakan media film tidaklebih baik dalam meningkatkan hasilbelajardibanding pembelajaranmenggunakan media PowerPoint

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prasetyo Wibowo Yunanto,ST.,M.Eng ; 2). Vina Oktaviani, M.T
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 Feb 2021 15:21
Last Modified: 04 Feb 2021 15:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item