PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

MUHAMMAD RIDWAN APRIANSYAH, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS ANIMASI MATA KULIAH ILMU BAHAN BANGUNAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (829kB)
[img] Text
3. Halaman Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. Halaman Pernyataan.pdf

Download (420kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (428kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (381kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (625kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (663kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (673kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (581kB)
[img] Text
15. Daftar Pustaka.pdf

Download (485kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta dengan berbantuan perangkat lunak. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian pengembangan Hannafin & Peck. Penelitian ini pada dasarnya dilakukan 3 fase, yaitu Analisis Kebutuhan (Need Asessment), Fase Perancangan (Design Phase), dan Fase Pengembangan dan Implementasi (Development and Impermentation). Penelitian ini menggunakan angket sebagai alat untuk menguji kelayakan media melalui validasi ahli media dan ahli materi serta penilaian dari mahasiswa. Hasil pengembangan produk media pembelajaran berupa sembilan video animasi. Penilaian oleh ahli media mendapatkan nilai sebesar 83,01 % yang dikategorikan Sangat Setuju digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran dan juga sebagai variasi media pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan. Penilaian oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 82,03% yang dikategorikan Sangat Setuju digunakan untuk proses pembelajaran Ilmu Bahan Bangunan agar lebih mudah untuk dipahami. Penilaian media pembelajaran video berbasis animasi pada uji coba kelas oleh mahasiswa mendapatkan nilai sebesar 89,00% yang dikategorikan Sangat Setuju digunakan untuk memudahkan mahasiswa memahami materi dan efektif mengurangi kejenuhan pada proses pembelajaran mata kuliah Ilmu Bahan Bangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Kusno Adi Sambowo, ST, Ph.D ; 2). Drs. Arris Maulana, ST, MT
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2021 14:18
Last Modified: 08 Nov 2022 09:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item