MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 BATURETNO WONOGIRI

PUTRI DWI ARINI, . (2021) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI SMAN 1 BATURETNO WONOGIRI. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (735kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelaksanaan manajemen pembelajaran di Era COVID-19 dari mulai perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, hingga pengawasan pembelajaran yang dilakukan di SMAN 1 Baturetno. Metode yang digunakan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi (pengamatan), dan studi dokumentasi. Sejak mewabahnya pandemi COVID-19 terhitung dari bulan Maret 2020 hingga saat ini (Desember 2020), pembelajaran dilakukan dari rumah untuk seluruh jenjang pendidikan di seluruh sekolah di Indonesia. Masalah yang terjadi adalah desa Baturetno, yang diketahui sebagian besar dari kalangan menengah kebawah, dari masalah siswa yang tidak tertib, orang tua dibebani karena borosnya kuota (saat belum ada bantuan dari pemerintah), fasilitas tidak mendukung berupa media pembelajaran, dan wilayah pedesaan yang tidak didukung sinyal internet. Temuan dari penelitian, yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan manajemen pembelajaran yang dilakukan di SMAN 1 Baturetno berada pada kategori baik. Kurikulum darurat yang dikhususkan untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang terjadi dimasa pandemi, dijadwalkan untuk mengajar daring hanya satu jam per minggu untuk seluruh mata pelajaran, dengan Kompetensi Dasar yang dirampingkan. Dengan adanya perubahan jadwal pembelajaran daring (online) dan pembagian piket masuk sekolah untuk guru yaitu lima hari sekali. Dengan diadakannya piket ke sekolah, menjadikan guru tetap produktif di tengah pandemi ini. Siswa dan guru mampu bekerja sama dan saling gotong royong untuk menciptakan suasana kondusif ditengah pandemi yang sedang dialami saat ini. Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Era Pandemi Covid-19 *************** Abstract: This study aims to determine the effectiveness of the implementation of learning management in the COVID-19 Era, starting from learning planning, organizing learning, implementing learning, to monitoring learning carried out at SMAN 1 Baturetno. The method used is qualitative research with data collection methods through interviews, observation (observation), and documentation study. Since the outbreak of the COVID-19 pandemic starting from March 2020 to the present (December 2020), learning has been carried out from home for all levels of education in all schools in Indonesia. The problems that occur are the village of Baturetno, which is known to most of the lower middle class, from the problem of disorderly students, parents being burdened because of wasteful quotas (when there is no government assistance), unsupported facilities in the form of learning media, and rural areas that are not supported internet signal. The findings of the research, namely planning, organizing, implementing, and supervising learning management conducted at SMAN 1 Baturetno are in a good category. An emergency curriculum that is devoted to implementing distance learning that occurs during a pandemic, online teaching schedules are only given one hour per week for all subjects, with streamlined Basic Competencies. With changes in online learning schedules and the distribution of school entrance fees for teachers i.e. five days once. By holding pickets to schools, teachers remain productive in the midst of this pandemic. Students and teachers are work together and mutually cooperate to create a conducive atmosphere in the midst of the current pandemic. Key Words: Management, Learning, Covid-19 Pandemic Era

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Zulaikha, S.Ag, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 8857 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2021 09:47
Last Modified: 24 Feb 2021 08:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

View Item View Item