PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNINGBERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XISMK KOMPETENSIKEAHLIAN TITL(Studi Kasus di SMK Binakarya Mandiri 1 Bekasi)

Prabu Galang Buwono, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNINGBERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XISMK KOMPETENSIKEAHLIAN TITL(Studi Kasus di SMK Binakarya Mandiri 1 Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (370kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (314kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
14, BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkanmedia pembelajaran mobile learningberbasis android pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk siswa kelasXI SMK Kompetensi KeahlianTITLdan (2) mengetahuitingkatkelayakan mediapembelajaran yang dibuat dari penilaian beberapa ahli media, ahli materi dan respon siswa.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research & Development). Metode pengembangan pada penelitian ini menggunakan metode evaluatif. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate).Penelitian ini dilakukan di SMK Binakarya Mandiri 1 Bekasi dengan subyek penelitian kelas XI kompetensi keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil analisiskebutuhan menyatakan sebanyak 37% siswa mengetahui media pembelajaran mobile learningdan sebanyak 27% siswa pernah menggunakan media pembelajaran mobile learning; (2) hasil pengujian kelayakan oleh ahli media dari aspek tampilan sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, aspek tulisan sebesar 80% dengan kategori “sangat layak”, dan aspek penggunaan media sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”; (3) hasil pengujian kelayakan oleh ahli materi dari aspek desain pembelajaran sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, aspek tampilan sebesar 83% dengan kategori “sangat layak”, aspek bahasa sebesar 100% dengan kategori “sangat layak”, dan aspek evaluasi/soal sebesar 100% dengankategori “sangat layak”; dan (4) hasil respon siswa yang diuji cobakan dari aspek materi sebesar 97% dengan kategori “sangatlayak”, aspek evaluasi/soal sebesar 93% dengan kategori “sangat layak”, aspek tampilan sebesar 87% dengan kategori “sangat layak”, aspek kebahasaan sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”, aspek penggunaan media sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”, dan aspek kemanfaatan sebesar 97% dengan kategori “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Irzan Zakir, M.Pd ; 2). Nur Hanifah Yuninda, ST., MT
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 09 Feb 2021 17:42
Last Modified: 09 Feb 2021 17:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

View Item View Item