PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEYAKINAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA

AGUS AGUNG PERMANA, . (2020) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEYAKINAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN AWAL SISWA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Keyakinan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif komparatif dengan metode quasi eksperimen, karena keterbatasan peneliti dalam mengontrol semua variabel-variabel yang mempengaruhi jalannya penelitian serta dalam melakukan proses pengacakan subyek penelitian secara sempurna. Desain penelitian yang digunakan adalah desain treatment by level (2 X 2), dengan variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa (Y), variabel bebas adalah pendekatan pembelajaran (A) dan keyakinan siswa terhadap matematika (B), sedangkan sebagai kovariat adalah kemampuan awal siswa (X). Subjek penelitian sebanyak 34 siswa/i kelas VII SMP Negeri 15 Jakarta Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. Analisis data dilakukan dengan analisis kovariat (ANCOVA) dua jalur dua jalur untuk menguji pengaruh utama (main effect), pengaruh interaksi (interaction effect), menguji pengaruh utama satu pihak dan pengaruh sederhana (simple effect). Hasil penelitian dengan mengontrol kemampuan awal siswa menunjukkan: (1) hasil belajar matematika antara siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keyakinan matematika siswa, (3) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran realistik lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelompok siswa dengan keyakinan tinggi, dan (4) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran realistik lebih rendah dibandingkan dengan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada kelompok siswa dengan keyakinan rendah. This study aims to determine the effect of the learning approach and belief in mathematics on mathematics learning outcomes by controlling students' initial abilities at SMPN 15 South Jakarta. The research method used a quasi-experimental method with a treatment by level (2X2) design. Students' mathematics learning outcomes (Y) as the dependent variable which are influenced by the learning approach (A) and students' belief in mathematics (B) as the independent variable, and the students' initial ability (X) as the covariate variable. The multiple choice test instrument was used to measure students 'learning outcomes and initial abilities, while the questionnaire was to measure students' Mathematical beliefs. The results showed (1) mathematics learning outcomes among students taught using a realistic learning approach were higher than those taught using a conventional approach, (2) there was an interaction effect between the learning approach and students' mathematical beliefs, (3) the mathematics learning outcomes of the students being taught using a realistic learning approach is higher than those taught using the conventional learning approach in groups of students with high belief, and (4) the mathematics learning outcomes of students taught using a realistic learning approach are lower than those taught using conventional learning approaches in groups of students with high belief low.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hartati Muchtar, M.Pd. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 8057 not found.
Date Deposited: 03 May 2021 04:01
Last Modified: 03 May 2021 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item