PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Banten Jaya, Serang)

RAMLI, . (2021) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ESAI BAHASA INGGRIS (Penelitian Eksperimen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Banten Jaya, Serang). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap keterampilan menulis esai bahasa Inggris mahasiswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan metode eksperimen rancangan faktorial ANOVA 2 x 2 pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris semester IV Universitas Banten Jaya, Serang dan dilaksanakan selama satu semester (Februari – Juni 2018). Pengumpulan data kememapuan menulis esai menggunakan Instrumen Menulis Esai dan Instrumen GEFT untuk mengetahui tipe gaya kognitif mahasiswa apakah field-independent (FI) atau field-dependent (FD). Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan uji f-test untuk megetahui pengaruh utama. Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap kemampuan menulis esai bahasa Inggris mahasiswa secara signifikan, 2) terdapat pengaruh gaya kognitif mahasiswa terhadap kemampuannya dalam menulis esai bahasa Inggris secara signifikan, 3) terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan mahasiswa dalam menulis esai bahasa Inggris. Karena terdapat pengaruh interaksi, selanjutkan uji post hoc dilakukan untuk mengetahui perbedaan pengaruh antarsel menggunakan scheffe test dan menemukan bahwa: 4) mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-independent dan diajar menggunakan metode metaphorming memperoleh skor lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan metode discovery, 5) mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara yang diajar menggunakan metode metaphorming dan yang diajar menggunakan metode discovery. Kata Kunci: Discovery, Gaya Kognitif, Field-Independent/Dependent, Keterampilan Menulis Esai, Metode Metaphorming *********** This research aims at investigating the effect of teaching methods and cognitive styles on students’ skill in writing essay in English. This experimental study in ANOVA two way design chooses the 4th semester students of English Education Program of Universitas Banten Jaya as the sample consisting using purposive random sampling. The study was conducted on Februari – June 2018. In collecting data, the students were administered with a test asking them to write a five paragraph essay writing. The data were analyzed using f-test for the main effects. The findings suggest that: 1) there is a significant effect of teaching methods on students’ skill in writing essay in English, 2) there is a significant effect of students’ cognitive styles on their skill in writing essay in English, 3) there is an interaction effect of teaching methods and cognitive styles on students’ skill in writing essay in English. Based on the third result, the post hoc test was performed to identify the different effect between the cells using Scheffe Test. And the results are: 4) the field-independent students taught by metaphorming scored higher in writing essay in English than those taught using discovery learning, 5) there is no difference in writing essay among field-dependent students between those taught by metaphorming and those taught using discovery learning. Keywords: Cognitive Style, Field-Independent/Dependent, Metaphorming and Discovery Methods, Writing Essay Skills

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Emzir, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 8897 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2021 20:45
Last Modified: 19 Aug 2022 01:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12676

Actions (login required)

View Item View Item