PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECOFAM –MONOPOLY TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK (BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF)

RAMADHAN HADI SAPUTRA, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECOFAM –MONOPOLY TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK (BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (152kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (141kB)
[img] Text
3. Halaman Pernyataan.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (224kB)
[img] Text
7. Bab I.pdf

Download (252kB)
[img] Text
8. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
9. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (98kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Ecofam-MonopolyTerhadapPendidikan Karakter Peduli LingkunganPada Anak Berbasis Permainan Edukatif. Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengembangkan media pembelajaran Ecofam-Monopoly,(2) mengetahui efektivitas media pembelajaran Ecofam-Monopolydan (3) mengetahui peningkatan perilaku peduli lingkungan pada anak setelahmenggunakanmedia pembelajaran Ecofam-Monopoly.Metode penelitian ini adalahjenis penelitian pengembangan atau Research and Development(RnD) dengan menggunakan pendekatan konsep pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 3-6 tahun pada Perumahan Bekasi Regensi 1, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.Efektivitas media pembelajaran pada aspek materi(91,6%) kategori sangat baik. Efektivitas media pembelajaran terhadap aspek bahasa(83,3%) kategori sangat baikdan Efektivitas media pembelajaran terhadap aspek tampilan media(93,3%)kategori sangat baik. Pada uji T, kelas eksperimen-kontrol didapatkan nilai t hitung > t tabel (23,504 > 1,699) dengan sig. 2-tailed sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan signifikan skor perilaku peduli lingkungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Uji gain scorepada kelas eksperimen memiliki rerata skor sebesar 0,6295 atau 62,95 % yang artinya efektifitas kenaikan gain scorekelas eksperimen adalah sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Shinta Doriza, M. Pd, M.S.E., ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M. Si.,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 12 Feb 2021 16:20
Last Modified: 12 Feb 2021 16:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item