RAMADHAN HADI SAPUTRA, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ECOFAM –MONOPOLY TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK (BERBASIS PERMAINAN EDUKATIF). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. Cover.pdf Download (152kB) |
|
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (141kB) |
|
Text
3. Halaman Pernyataan.pdf Download (122kB) |
|
Text
4. Kata Pengantar.pdf Download (167kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (89kB) |
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (224kB) |
|
Text
7. Bab I.pdf Download (252kB) |
|
Text
8. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) |
|
Text
9. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
|
Text
10. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
11. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
|
Text
12. Daftar Pustaka.pdf Download (98kB) |
Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Ecofam-MonopolyTerhadapPendidikan Karakter Peduli LingkunganPada Anak Berbasis Permainan Edukatif. Penelitian ini bertujuan: (1)untuk mengembangkan media pembelajaran Ecofam-Monopoly,(2) mengetahui efektivitas media pembelajaran Ecofam-Monopolydan (3) mengetahui peningkatan perilaku peduli lingkungan pada anak setelahmenggunakanmedia pembelajaran Ecofam-Monopoly.Metode penelitian ini adalahjenis penelitian pengembangan atau Research and Development(RnD) dengan menggunakan pendekatan konsep pengembangan ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah anak-anak usia 3-6 tahun pada Perumahan Bekasi Regensi 1, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi.Efektivitas media pembelajaran pada aspek materi(91,6%) kategori sangat baik. Efektivitas media pembelajaran terhadap aspek bahasa(83,3%) kategori sangat baikdan Efektivitas media pembelajaran terhadap aspek tampilan media(93,3%)kategori sangat baik. Pada uji T, kelas eksperimen-kontrol didapatkan nilai t hitung > t tabel (23,504 > 1,699) dengan sig. 2-tailed sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan signifikan skor perilaku peduli lingkungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Uji gain scorepada kelas eksperimen memiliki rerata skor sebesar 0,6295 atau 62,95 % yang artinya efektifitas kenaikan gain scorekelas eksperimen adalah sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Shinta Doriza, M. Pd, M.S.E., ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M. Si., |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2021 16:20 |
Last Modified: | 12 Feb 2021 16:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12720 |
Actions (login required)
View Item |