PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRISBERBASIS BUDAYA DI SMA NEGERI 1 METRO (Studi Etnografi)

SURANTO, . (2021) PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRISBERBASIS BUDAYA DI SMA NEGERI 1 METRO (Studi Etnografi). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran berbicara bahasa Inggris seharusnya memperhatikan aspekaspek budaya dalam pelaksanaannya. Namun yang terjadi di banyak sekolah, pendidik lebih fokus pada aspek kebahasaannya saja sehingga banyak peserta didik yang belum dapat menggunakan bahasa Inggris secara berterima dalam hal budaya. Berdasarkan kondisi di lapangan tersebut maka penelitian etnografi ini bertujuan untuk mengungkap secara mendalam bagaimana pembelajaran berbicara bahasa Inggris berbasis budaya di SMA Negeri 1 Metro, karena kota Metro sebagai kota pendidikan yang menjadi salah satu acuan pendidikan di Provinsi Lampung. Data dikumpulkan dari siswa kelas XII dan guru bahasa Inggris melalui pengamatan berperan serta, wawancara, telaah dokumen pembelajaran seperti syllabus, RPP, dan perekaman. Selanjutnya, data yang berupa hasil pengamatan selama proses pembelajaran dikonfirmasi melalui wawancara dan dokumen pembelajaran untuk dianalisa menggunakan analisa domain untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh tentang situasi sosial yang sedang diteliti, analisa taksonomi untuk menjabarkan secara lebih rinci dari domain-domain yang dipilih untuk mengetahui struktur internalnya, analisa komponen untuk mencari atributatribut yang berbeda diantara simbol-simbol dalam sebuah domain, dan analisa tema budaya untuk mengetahui hubungan diantara domain dan bagaimana domain itu berhubungan dengan budaya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pendidik mengintegrasikan pengetahuan budaya bahasa target dalam proses, strategi dan materi pembelajaran menggunakan pendekatan komunikatif sedangkan dalam media dan evaluasi pembelajaran pendidik belum memasukkan pengetahuan budaya bahasa target tersebut. Kesimpulannya, agar peserta didik dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara berterima, maka integrasi budaya bahasa target harus dilakukan secara menyeluruh. ********** Learning to speak English should pay attention to cultural aspects in its implementation. However, what happens in many schools, educators focus more on the linguistic aspect, so that many students are not able to use English in an acceptable way in terms of culture. Based on the conditions in the field, this ethnographic research aims to reveal in depth how culture-based learning to speak English at SMA Negeri 1 Metro, because Metro is an education city which is one of the references for education in Lampung Province. Data were collected from class XII students and English teachers through participatory observation, interviews, review of learning documents such as syllabus, lesson plans, and recording. Furthermore, data in the form of observations during the learning process are confirmed through interviews and learning documents to be analyzed using domain analysis to get an overal decription of the social situation being studied, taxonomic analysis to describe in more detail the selected domains to determine their internal structure, component analysis to find different attributes among symbols in a domain, and analysis of cultural themes to find out the relationship between domains and how the domains relate to culture. The findings of the study show that educators integrated cultural knowledge of the target language in the process, strategy and learning materials using a communicative approach, whereas in the media and evaluations of learning educators have not included knowledge of the target language culture. In conclusion, so that students can communicate in English in an acceptable manner, the integration of the target language culture must be carried out thoroughly

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Dr. Nuruddin, MA.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 708 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2021 12:47
Last Modified: 17 Feb 2021 12:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item