REZA FEBRIANO ARMAS, . (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN DASAR PERANCANGAN TEKNIK MESIN DI SMK NEGERI 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (92kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (119kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINILITAS.pdf Download (294kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (125kB) |
|
Text
11a. BAB I.pdf Download (129kB) |
|
Text
11b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) |
|
Text
11c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
|
Text
11d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) |
|
Text
11e. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (37kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative LearningTipe Jigsawdapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X teknik pemesinan A pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin di SMK negeri 5 jakarta.Metode yang digunakan di dalam penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan suatu bentuk penyelidikan yang dilakukan oleh peserta yang terlibat dalam situasi yang diteliti. Pelakasanaa tindakan yang diikuti dengan kegiatan observasi dan refleksi. Apabila diperlukan pada tahap selanjutnya disusun rencana tindak lanjut. Upaya tersebut dilakukan secara berdaur membentuk satu siklus.Tempat penelitian dilakukan di SMK Negeri 5 Jakarta, dan subjek penelitian adalah siswa kelas X teknik pemesinan A sejumlah 33 siswa. Penelitian dilakukan pada tanggal 31 maret 2019 hingga tanggal 20 mei 2019.Data tentang hasil belajar diperoleh melalui tes tertuliskemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa adanya peningkatan pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar perancangan teknik mesin dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learningtipe jigsaw. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dimana pada siklus I nilai rata-rata seluruh siswa adalah 68,6, dan hanya 48,4% atau 16 siswa dari keseluruhan 33 siswa yang mendapatkan nilai ≥70 (KKM). Pada siklus II nilai rata-rata seluruh siswa adalah 76,66, dan 96,9% atau 32 siswa dari keseluruhan 33 siswayang mendapatkan nilai ≥70 (KKM).Peneliti dapat menyimpulkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Lukman Arhami,S.Pd.,MT, ; 2). Dr.Imam Basori,MT. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 15:28 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 15:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12808 |
Actions (login required)
View Item |