PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KATUP PNEUMATIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN SISTEM ANDROID DI SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA

Shanty Muflihawati, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KATUP PNEUMATIK BERBASIS AUGMENTED REALITY DENGAN SISTEM ANDROID DI SMK BUNDA KANDUNG JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
02 ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (90kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text
04 LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (569kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (67kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
11.a.BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11.b.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
11.c.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
11.d.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11.e.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis augmented reality untuk pelajaran pneumatik dengan materi pengenalan katup pneumatik.Media pembelajaran ini diuji oleh ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran pneumatikdi SMK Bunda Kandung Jakarta, dan siswakelas XII TOI 1 SMK Bunda Kandung Jakarta.Penelitian dilakukan di SMK Bunda Kandung Jakarta dari bulan Agustus 2018sampaiDesember2018. Metode penelitian yangdigunakan adalah metode penelitian danpengembangan (Research &Development),sedangkan model pengembangan produk yangdigunakan adalahmodel ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, danEvaluation).Berdasarkan hasil penilaian kelayakan, hasil penilaian oleh media memperoleh persentase sebesar 76%, hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 82,25%, danhasil penilaian oleh siswasebesar 81,3%. Dari perolehan tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pengenalan katup pneumatik berbasis augmented realitydinyatakan layak untuk digunakansebagai media pembelajaran pneumatik di kelas XII TOI 1 SMK Bunda Kandung Jakarta. Berdasarkanhasilunjuk kerja aplikasi pada smartphoneyang dimiiki siswa dan guru, media pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daryanto, MT ; 2). Massus Subekti, S.Pd., MT.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 18 Feb 2021 14:09
Last Modified: 18 Feb 2021 14:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12850

Actions (login required)

View Item View Item