MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MENULIS AKADEMIK BAHASA INGGRIS (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI UNIVERSITAS KHAIRUN, TERNATE)

ADE ISMAIL, . (2021) MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF MENULIS AKADEMIK BAHASA INGGRIS (PENELITIAN PENGEMBANGAN DI UNIVERSITAS KHAIRUN, TERNATE). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (587kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah mengahasilkan model pembelajaran kolaboratif menulis akademik bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan sejak Maret 2018 hingga Februari 2020 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Khairun, Ternate melibatkan 135 mahasiswa dan 5 dosen sebagai partisipan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuesioner dan panduan wawancara. Data wawancara dan kuesioner dianlisis secara kualitatif sementara data tulisan akademik mahasiswa dianalisis menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kolaboratif menulis akademik memerlukan peran aktif mahasiswa dalam membangun kerjasama selama proses belajar mengajar. Disain model ini membangun interaksi antarmahasiswa selama pembelajaran. Mahasiswa diberikan peran utama sebagai subjek belajar. Selain mendorong kerjasama dalam belajar, model ini memiliki dampak penting terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa dalam mengorganisasi ide, mengembangkan paragraf dan menulis akademik. Memberikan pengalaman langsung tentang praktik menulis secara berkolaborasi. Fase penugasan (pre-task, during-task, post-task) menggiatkan mahasiswa untuk berdiskusi dan mengkonstruksi pemahamannya dengan tetap mengutamakan keseimbangan peran antar mahasiswa. Uji efektivitas menunjukkan bahwa model ini dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menulis akademik bahasa Inggris sebagaimana diuraikan dalam hipotesis alternatif. Hal ini dapat dilihat pada data Uji Mann-Whitney, di mana nilai signifikansi (Sig) berada pada angka .000. atau lebih kecil dari 0.05. Data tersebut menunjukkan bahwa terjadi perbedaan yang signifikan antara penggunaan Model Kolaboratif Menulis Akademik Bahasa Inggris dengan model penugasan berbasis individu dan metode ceramah, sekaligus menerima hipotesis alternatif. Oleh karena itu direkomendasikan untuk digunakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, dan institusi lainnya yang memiliki program pembelajaran menulis akademik. Kata Kunci: model pembelajaran, pembelajaran kolaboratif, menulis akademik, menulis kolaboratif. ************ This research aims to produce a model of collaborative learning for academic writing in English. It is development research conducted from March 2018 to February 2020 in the English Language Education Study Program, Khairun University, Ternate, involved 135 students, and 5 lecturers as participants. The data collection instruments consisted of questionnaires and an interview guide. Interview and questionnaires data were analyzed qualitatively while student academic writing data were analyzed using the SPSS application. The results show that the model of collaborative learning for academic writing requires an active role of students in building collaboration during the teaching and learning process. The design of this model develops interaction between students during learning. Students were given the main role as learning subjects. Besides encouraging collaboration, this model has an important impact on students' academic writing skills in organizing ideas, developing paragraphs, and academic writing. Providing direct experiences of collaborative writing practices. The assignment phase (pre-task, during-task, post-task) encourages students to discuss and construct their understanding, and still prioritizing the balance of roles between students. The effectiveness test shows that this model can improve students' academic writing skills in English as described in the alternative hypothesis. This can be seen in the Mann-Whitney test data, where the significance value (Sig) is at .000. or less than 0.05. These data indicate that there is a significant difference between the use of the model of collaborative in academic writing in English with the individual-based assignment model and the lecture method, as well as accepting the alternative hypothesis. Therefore it is recommended to be used in in the English Language Education Study Program, Indonesian Language Education Study Program, and other institutions that have academic writing learning programs. Keywords: learning model, collaborative learning, academic writing, collaborative writing.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). DR. NINUK LUSTYANTIE, M.Pd. 2). PROF. DR. EMZIR, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 8904 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2021 11:41
Last Modified: 02 Nov 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12851

Actions (login required)

View Item View Item