ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP TERHADAP KECEPATAN DAN WAKTU TEMPUH (SURVEI JALAN BALIKPAPAN, H.R. RASUNA SAID, DAN GUNUNG SAHARI, DKI JAKARTA)

ANGGIA MERDUANA PUTRI, . (2021) ANALISIS EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM GANJIL-GENAP TERHADAP KECEPATAN DAN WAKTU TEMPUH (SURVEI JALAN BALIKPAPAN, H.R. RASUNA SAID, DAN GUNUNG SAHARI, DKI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (761kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem ganjil-genap terhadap kecepatan dan waktu tempuh di Jalan Balikpapan, H.R. Rasuna Said, dan Gunung Sahari, DKI Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Jalan Balikpapan, H.R. Rasuna Said, dan Gunung Sahari, DKI Jakarta sebelum dan sesudah diterapkannya kebijakan sistem ganjil-genap. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive, pada pengguna Jalan Balikpapan, H.R. Rasuna Said, dan Gunung Sahari, DKI Jakarta sebelum dan sesudah diterapkannya kebijakan sistem ganjil-genap yang berjumlah 20 pengguna. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem ganjil-genap di Jalan Balikpapan, H.R. Rasuna Said, dan Gunung Sahari, DKI Jakarta dapat meningkatkan kecepatan kendaraan. Rata-rata kecepatan kendaraan di Jalan Balikpapan sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap yaitu 25,60-32,00 km/jam, sesudah diberlakukan 32,00-40,00 km/jam. Pada Jalan H. R. Rasuna Said rata-rata kecepatan kendaraan 40,00-48,00 km/jam sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap, sesudah diberlakukan 40,00-48,00 km/jam, dan >48,00 km/jam. Pada Jalan Gunung Sahari sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap rata-rata kecepatan kendaraan 25,60-32,00 km/jam, dan sesudah diberlakukan >48,00 km/jam. Penerapan sistem ganjil-genap juga berpengaruh terhadap waktu tempuh. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melintas Jalan Balikpapan sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap selama 21-30 menit, sesudah diberlakukan 11-20 menit, pada Jalan H. R. Rasuna Said waktu tempuh yang dibutuhkan sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap selama 31-40 menit, dan >40 menit, sesudah diberlakukan 21-30 menit, dan pada Jalan Gunung Sahari waktu tempuh yang dibutuhkan sebelum diberlakukannya sistem ganjil-genap >40 menit, sesudah diberlakukan 11-20 menit. Kondisi arus lalu lintas menjadi lebih baik, dan kepadatan lalu lintas pun berkurang. Kata Kunci: Sistem Ganjil-Genap, Kecepatan, dan Waktu Tempuh. *********** The purpose of this study is to know the effectiveness of implementation of the odd-even systems to the speed and time of traffic on Balikpapan road, H.R. Rasuna Said, and Gunung Sahari, DKI Jakarta. The method used in this study is a descriptive method with a survey approach. The population of the study is Balikpapan road user,H.R. Rasuna Said, and Gunung Sahari, DKI Jakarta before and after the implementation of odd-even system policies. Sampling technique using Sampling Purposive, users of Balikpapan Road, H.R. Rasuna Said, and Gunung Sahari, DKI Jakarta before and after the application of the odd-even system policy which amounted to 20 users. The analysis techniques in this study use descriptive analysis. The results showed that the application of odd-even systems on Balikpapan Road, H.R. Rasuna Said, and Gunung Sahari, DKI Jakarta can increase the speed of vehicles. The average speed of vehicles on Balikpapan Road before the enactment of the odd-even system is 25.60-32.00 km/h, after 32.00-40.00 km/h. On H. R. Rasuna Said Road averaged vehicle speed of 40.00- 48.00 km/h before the enactment of the odd-even system, after it was implemented 40.00-48.00 km/h, and >48.00 km/h. On Gunung Sahari Road before the enactment of the odd-even system the average vehicle speed was 25.60-32.00 km/h, and after itwas implemented >48.00 km/h. The odd-even system also affects travel time. The travel time required to cross Balikpapan Road before the odd-even system is implemented for 21-30 minutes, already enforced 11-20 minutes, on H. R. Rasuna Said The travel time required before the enactment of the odd-even system for 31-40 minutes, and >40 minutes, after enactment 21-30 minutes,and on Gunung Sahari Road the travel time required before the enactment of the odd-even system >40 minutes, afterenactment 11-20 minutes. Conditions in the flow of traffic improved, and traffic congestion decreased. Keywords: Odd-Even System, Speed, and Travel Time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Suhardjo, M.Pd. ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Si., M.Pd.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Transportasi dan Komunikasi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 8863 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:45
Last Modified: 19 Feb 2021 08:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12858

Actions (login required)

View Item View Item