PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATA KULIAH SENAM TATA KECANTIKAN KULIT PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SYIFA AFRIANI BUDIANTO, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLASH MATA KULIAH SENAM TATA KECANTIKAN KULIT PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File Pertama.pdf

Download (985kB)
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB II Kerangka Teoritik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Hasil Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text
File Terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah media pembelajaran berbasis flash pada senam tata kecantikan kulit untuk mahasiswa Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta yang layak untuk digunakan. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model dan tahapan ADDI (Analysis, Design, Development dan Implementation). Pada tahap Analysis, dilakukan analisa tentang analisis kebutuhan, analisis isi materi dan analisis konsep media. Pada tahap Design, yaitu dilakukan pembuatan Storyboard yang disesuaikan dengan analisis konsep media. Pada tahap Development, yaitu dilakukan pengembangan desain storyboard ke dalam tampilan produk media yang sebenarnya, setelah produk media jadi maka dilakukan validasi oleh para ahli dan dilakukan revisi produk. Pada tahap Implementation, dilakukan penerapan produk terhadap mahasiswa melalui tahapan uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa penyebaran angket. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang sudah layak digunakan. Kelayakan media pembelajaran ditunjukkan dari hasil validasi oleh para ahli dan uji coba kelompok kecil serta uji kelompok besar dengan perolehan nilai: 1) Ahli materi diperoleh rata-rata skor 4,46 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,45 3) Uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 4,21 4) uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata skor 4,21. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran ini layak digunakan oleh mahasiswa dan dapat membantu mahasiswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Flash, Senam Tata Kecantikan Kulit. ************ ABSTRACT This research aims to create a flash-based learning media on skin beauty gymnastics for makeup education students of the Faculty of Engineering, State University of Jakarta that is feasible to use. Researchers use research and development methods or Research and Development using ADDI (Analysis, Design, Development and Implementation) models and stages. At the Analysis stage, analysis of needs analysis, material content analysis and media concept analysis are carried out. At the Design stage, it is done storyboard creation that is adjusted to the analysis of media concepts. In the Development stage, namely the development of storyboard design into the appearance of actual media products, after the finished media product is carried out validation by experts and carried out product revisions. In the Implementation stage, product implementation is carried out to students through small group trials and large group trials. Data collection techniques used in the form of the dissemination of questionnaires. The subject of this research was a student of Makeup Education Faculty of Engineering, State University of Jakarta. The result of this research is a learning media that is already worth using. Feasibility of learning media is shown from validation results by experts and small group trials as well as large group trials with scores: 1) Material experts obtained an average score of 4.46 2) Media Experts obtained an average score of 4.45 3) Small group trials obtained an average score of 4.21 4) large group trials obtained an average score of 4.21. So it can be concluded that this learning media is feasible for students and can help students in the learning process. Keywords: Development, Learning Media, Flash, Gymnastics Skin Beauty System.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Eti Herawati, M.Si. ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Users 8903 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2021 11:36
Last Modified: 19 Feb 2021 11:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12864

Actions (login required)

View Item View Item