YOLA PUSPITASARI, . (2021) IMPLEMENTASI STRATEGI GURU DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI-NILAI BUDAYA SUNDA DI WILAYAH JAWA BARAT. (Studi: Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Wilayah Pembagian I Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (472kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi strategi guru dalam mempertahankan nilai-nilai Budaya Sunda di wilayah Jawa Barat, pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah pembagian I Jawa Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif di lengkapi studi literatur. Subjek penelitian terdiri dari 2 informan, yaitu informan kunci dan informan pendukung. Adapun informan kunci meliputi ketua MGMP Kesundaan Jawa Barat, guru Bahasa Sunda SMAN 1 Kota Bogor, guru Bahasa Sunda SMAN 2 Kota Depok, guru Bahasa Sunda SMAN 3 Kota Sukabumi. Guru Bahasa Sunda SMAN 1 Cisaat, guru Bahasa Sunda SMAN 1 Cianjur, dan guru Bahasa Sunda SMAN 1 Cibinong. Informan pendukung pada penelitian ini meliputi kepala sekolah SMAN 1 Cianjur dan kepala sekolah SMAN 2 Kota Depok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, dan data sekunder sebagai pelengkap data. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan lalu dilakukan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi penelitian. Dalam penelitian ini aspek yang di tanya adalah “Bagaimana Implementasi Strategi Guru Bahasa Sunda Dalam Mempertahankan Nilai-Nilai Budaya Sunda Di SMA Wilayah pembagian I Jawa Barat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah yang semakin dekat dengan wilayah Provinsi DKI Jakarta yaitu kebudayaan Betawi seperti Kota Depok, dan sebagian kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Banten, Bekasi dan Depok, terdapat akulturasi budaya yang lebih beragam, dalam aspek bahasa, tradisi, dan kebudayaannya, menyebabkan wilayah ini sulit dalam mempertahankan Berbahasa Sunda. Sehingga wilayah ini sangat menekankan pada aspek kebudayaan dan nilai-nilai Budaya Sunda. Adapun implementasi strateginya yaitu, melalui bantuan berupa video dan lagu-lagu Sunda saat pelajaran serta memberikan pembinaan mengenai nilai-nilai Sunda khususnya dalam nilai-nilai etika dalam berbahasa dan berperilaku Sunda , mengadakan program kegiatan kesenian Sunda serta mengadakan program pasanggiri Kesundaan (lomba mengenai Sunda seperti lomba Aksara Sunda, Pupuh Sunda, tari dan lagu-lagu Sunda) di sekolah yang bertujuan untuk mempertahankan Kebudayaan Sunda agar tetap ada di wilayah tersebut. Wilayah yang semakin dekat dengan wilayah Priangan/Bandung seperti Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, dan sebagian Kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Cianjur-Sukabumi, tidak terdapat kesulitan yang berarti dalam mempertahankan penggunaan Bahasa Sunda, karena mayoritas siswa/siswi di wilayah ini beretnis orang Sunda asli, namun wilayah ini tetap mengimplementasikan strategi dalam penggunaan bahasa sesuai dengan undak-usuk Bahasa Sunda melalui pelajaran maupun di luar pelajaran, serta mempertahankan aspek kebudayaan dan nilai-nilai Budaya Sunda, melalui program kegiatan pasanggiri Kesundaan (lomba mengenai Sunda seperti lomba Aksara Sunda, Pupuh Sunda, tari dan lagu-lagu Sunda) dan program kesenian Sunda untuk mempertahankan Kebudayaan Sunda di sekolah. The research aimed to identify the Implementation of the teacher strategy in defending of cultural values Sunda in high school in area I West Java. The research methods that were used descriptive is qualitative. The subject of study consisting of 2 informants , namely key informants and informants advocates. As for key informants covering the head of Mgmp Kesundaan West Java, teacher of Language Sunda SMAN 1 Bogor city, teacher of Language Sunda SMAN 2 Depok city, teacher of language Sunda SMAN 3 Sukabumi city, teacher of Language Sunda SMAN 1 Cisaat, Sukabumi districts. Teacher of language Sunda SMAN 1 Cianjurt districts. Teacher of Language Sunda Sman 1 Cibinong, Bogor districts. Supporting informants on this research include principal of SMAN 1 Cianjur and principal of SMAN 2 Depok city. Engineering data collection in this study through interviews , documentation , and secondary data as complementary data. Analysis techniques to research it uses data reduction, presentation of data , and the withdrawal of conclusions and examination the validity of the data usingtriangulation.In this aspect in research ask is “ how the Implementation of the teacher strategy in defending of cultural values Sunda in high school in area I West Java “. The result showed that the further areas of Batavia namely Betawi culture as Depok, and some Bogor districts bordering Banten and Depok, having mixing acculturation more diverse, making it difficult to maintain Sunda speaking, because the majority of student in this region are not a native Sundanese, making the region the has on the culture and culture value, sunda to maintain and imparting feel nyaah (love) to Sundanese culture with an implement specific strategies through video and assistance in the event when songs, conducted a program introduce arts event or programs pasanggiri Kesundaan ( competition on Sunda ) at school. The area that are close to Priangan/Bandung, West Java, like the Sukabumi city , Bogor districts, Cianjur districts , Sukabumi districts , and some Bogor districts bordering Cianjur-Sukabumi, there is no difficulty that matters in Sunda maintain the use of language , because the majority of the students of in this area in the Sunda native ethnic, that is still an implement strategy in the use of language in accordance with undak-usuk sundanese through a lesson and also outside the lessons , stressing that also on the culture and our culture value Sunda , to retain feels nyaah ( love) to sunda culture , with an implement through strategy program of activities pasanggiri Kesundaan ( about competition sunda ) and the Sunda art inschool.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Muhammad Zid, M.Si ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, M.Si., M.Pd |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Geografi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 8853 not found. |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 11:58 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 11:59 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12894 |
Actions (login required)
View Item |