PERILAKU BERBELANJA MASYARAKAT DI E-COMMERCE BERDASARKAN KELAS SOSIAL DI KELURAHAN PEJATEN BARAT KECAMATAN PASAR MINGGU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN

MUTIA AISYATUR RIDO, . (2021) PERILAKU BERBELANJA MASYARAKAT DI E-COMMERCE BERDASARKAN KELAS SOSIAL DI KELURAHAN PEJATEN BARAT KECAMATAN PASAR MINGGU KOTA ADMINISTRASI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku masyarakat berbelanja di e-commerce berdasarkan kelas sosial di Kelurahan Pejaten Barat Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang tinggal di Kelurahan Pejaten Barat pada usia produktif 15 – 64 tahun dan sampel dalam penelitian ini adalah Masyarakat kelas bawah, menengah dan atas yang diambil masing-masing 30 secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada masyarakat kelas sosial atas, menengah dan bawah terhadap perilaku berbelanja di e-commerce dimana cenderung memilih toko online di e-commerce yang jaraknya lebih dekat dengan tempat tinggal mereka atau hanya di Jabodetabek. Lalu, produk fashion merupakan produk dengan jangkauan pembelian yang lebih luas dimana banyak dibeli hingga di luar Jabodetabek dibanding produk lain. Jenis produk yang paling sering dibeli oleh masyarakat kelas atas adalah makanan / minuman. Sedangkan, yang paling sering dibeli oleh masyarakat kelas menengah dan bawah adalah produk fashion. Masyarakat kelas atas dan bawah melakukan belanja di e-commerce sebanyak kurang dari 3 kali dalam sebulan dan masyarakat kelas menengah melakukan belanja di e-commerce sebanyak 4 – 6 kali dalam sebulan. Tujuan melakukan belanja di e-commerce pada masyarakat kelas atas adalah kebutuhan / keinginan dan pada masyarakat kelas menengah dan bawah adalah karena harga lebih murah. Metode pembayaran yang sering digunakan oleh masyarakat kelas atas dan menengah adalah transfer bank. Sedangkan pada masyarakat kelas bawah, yang paling sering digunakan adalah COD atau bayar di tempat This study aims to determine the behavior of people shopping in e-commerce based on social class in Pejaten Barat Village, Pasar Minggu District, South Jakarta. This study uses a descriptive method with a survey approach. The population in this study were all people living in Pejaten Barat Village at the productive age of 15 - 64 years and the sample in this study were the lower, middle and upper class people who were taken 30 respectively by purposive sampling The results showed that there was no significant difference in the upper, middle and lower social class people on shopping behavior in e-commerce where they tended to choose online stores in e-commerce that were closer to their place of residence or only in Jabodetabek. Then, fashion products are products with a wider range of purchases where many are purchased outside Jabodetabek compared to other products. The type of product most often bought by the upper class is food / beverage. Meanwhile, the most frequently purchased by the middle and lower class are fashion products. Upper and lower class people shop on e-commerce less than 3 times a month and middle class people shop on e-commerce 4 - 6 times a month. The purpose of shopping in e-commerce for the upper class is a need / desire and the middle and lower class people are because the price is cheaper. The payment method that is often used by the upper and middle class is bank transfer. Meanwhile, in the lower class, the most frequently used is COD or pay on the spot

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dwi Sukanti Lestariningsih, M.Si ; 2). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd, M.Si, M.Pd
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 9060 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2021 15:33
Last Modified: 22 Feb 2021 15:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item View Item