تعليم المفردات العربية بوسيلة الوسائط متعددة تفاعلية (البحث التطويري في تسريع المدرسة المعجّلة الأذكياء في إندونيسيا) PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (Penelitian Pengembangan di Sekolah Akselerasi SMART Ekselensia Indonesia)

MUHAMMAD IKROM AZZAM, . (2021) تعليم المفردات العربية بوسيلة الوسائط متعددة تفاعلية (البحث التطويري في تسريع المدرسة المعجّلة الأذكياء في إندونيسيا) PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF (Penelitian Pengembangan di Sekolah Akselerasi SMART Ekselensia Indonesia). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Archive (KUMPULAN FILE)
ilovepdf_split-range (1).zip

Download (3MB)
[img] Other (BAB 1)
2. Bab 1

Download (311kB)
[img] Other (BAB 2)
3. Bab 2
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Other (BAB 3)
4. Bab 3
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Other (BAB 4)
5. Bab 4
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Other (BAB 5)
6. Bab 5
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Other (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka

Download (312kB)
[img] Other (LAMPIRAN DAN BIODATA)
8. Lampiran dan Biodata
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (1. Cover dan Lembar Pengesahan)
1.Cover dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Ikrom Azzam, “PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF Penelitian dan pengembangan di Sekolah Akselerasi SMART Ekselensia Indonesia” Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab berbasis multimedia interaktif, untuk membantu dan mempermudah Siswa Sekolah akselerasi SMART Ekselensia Indonesia dalam belajar Bahasa Arab materi bab warna. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) berdasarkan model Dick and Carry dengan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) peneliti memilih metode ini karena memiliki prosedur yang sederhana untuk mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tiga tahapan penelitian yaitu Analysis. Design dan Development. Dari tiga tahapan tersebut peneliti berhasil mengembangkan media pembelajaran untuk mata pelajaran Kosata Bahasa Arab. Materi yang peneliti kembangkan dalam media pembelajaran ini berkaitan dengan bab warna dengan penjelasan lengkap perbedaan muannas dan muzakkar dari kosakata warna, penambahan penjelasan materi sifat mausuf, dan menu latihan serta menyanyi bahasa arab. Analisis kebutuhan dilakukan kepada 20 siswa kelas 1 SMART Ekselensia Indonesia yang sudah maupun yang baru mempelajari Bahasa Arab di SMART dan Guru Bahasa Arab di SMART Ekselensia Indonesia. Media diuji cobakan kepada ahli media dan ahli materi, skor penilaian memakai skala likert dan kelayakan media memakai skala kelayakan Suharsimi Arikunto Hasil penilaian ahli materi mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase 96% dan hasil penilaian ahli media mendapatkan kategori sangat layak dengan persentase 90% terhadap Multimedia Interaktif Bab Warna. Berdasarkan penilaian di atas, multimedia interaktif ini layak untuk diuji cobakan pada Sekolah Akselerasi SMART Ekselensia Indonesia. This study uses the R & D (Research and Development) method based on the Dick and Carry model with ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Researchers choose this method because it has a simple procedure for developing interactive multimedia in learning Arabic vocabulary.In this study, researchers only used three stages of research, namely Analysis. Design and Development.Of the three stages, the researcher succeeded in developing learning media for Arabic vocabulary subjects. The material that the researchers developed in this learning media is related to the colourschapter with a complete explanation of the differences between muannas and muzakkar from coloursvocabulary, additional explanations of material characteristics ofsifatmausuf, Quiz and Arabic singing.The needs analysis was carried out on 20 students first grade of SMART Ekselensia Indonesia who have or have just studied Arabic at SMART and Arabic teachers at SMART Ekselensia Indonesia.The media was tested on media experts and material experts, the assessment score used the Likert scale and the media's feasibility used the Suharsimi Arikunto feasibility scale.The results of the material expert's assessment get a very decent category with a percentage of 96% and the results of the media expert's assessment get a very decent category with a percentage of 90% towards Interactive Multimedia in ColoursChapter. Based on the assessment above, this interactive multimedia is feasible to be tested at the SMART Ekselensia IndonesiaAcceleration School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Romdhoni, M.Pd 2) Raden Ahmad Barnabas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8940 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2021 11:55
Last Modified: 23 Feb 2021 11:55
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item