PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN CHARACTER BUILDING DI PUSAT KEGIATAN ANAK

Kiky Amelia Lumbantoruan, . (2016) PENERAPAN PENDEKATAN BELAJAR BERBASIS ANEKA SUMBER (RESOURCE BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN CHARACTER BUILDING DI PUSAT KEGIATAN ANAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I-5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (27kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (127kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber pada Pembelajaran Character Building di Pusat Kegiatan Anak. Penerapan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber ini diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai penerapan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber yang dilaksanakan oleh guru pembelajaran Character Building di Pusat Kegiatan Anak. Berdasarkan metodenya penelitian ini termasuk dalam metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Pusat Kegiatan Anak Yayasan Sahabat Anak dengan responden 15 siswa dan 2 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, wawancara, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahapan penerapan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber dengan menggunakan model ASSURE (analyze learner; state objectives; select methods, media, material; utilize media and materials; require learner participation and, evaluate and revise) sudah dilaksanakan dengan baik dan optimal. Hasil penilaian responden menyatakan bahwa seluruh tahapan telah dilaksanakan dengan baik dalam pembelajaran Character Building oleh guru. Penerapan pendekatan Belajar Berbasis Aneka Sumber dengan menggunakan model ASSURE telah memberikan kesempatan untuk terciptanya proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Implikasi hasil penelitian ini yaitu Pusat Kegiatan Anak dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam proses pembelajaran lainnya di Pusat Kegiatan Anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Eveline Siregar M.Pd ; 2). Kunto Imbar Nursetyo M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 11:28
Last Modified: 08 Nov 2019 11:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item