MODEL MODUL ELEKTRONIK BAHASA INGGRIS UNTUK SEKRETARIS MELALUI MOODLE BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian Pengembangan di Akademi Sekretari Budi Luhur Jakarta)

DIDIK HARIYADI RAHARJO, . (2020) MODEL MODUL ELEKTRONIK BAHASA INGGRIS UNTUK SEKRETARIS MELALUI MOODLE BERBASIS PEMBELAJARAN INKUIRI (Penelitian Pengembangan di Akademi Sekretari Budi Luhur Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (525kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Fokus dari penelitan ini adalah pengembangan bahan ajar untuk mata kuliah Bahasa Inggris untuk Sekretaris (English for Secretary (EFS)) yang mencakup 4 kemahiran Bahasa Inggris (listening, speaking, reading dan writing). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di Akademi Sekretari (ASTRI) Budi Luhur sejak bulan Agustus 2015 hingga bulan desember 2017. Konsep pengembangan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrative Learning Design Framework (ILDF) yang diusulkan oleh Bannan-Ritland (2003). Sedangkan pengembangan bahan ajar pada penelitian ini menggunakan konsep yang diusulkan oleh Hutchinson & Waters (1991). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang sekretaris profesional harus menguasai berbagai kompetensi kesekretarisan yang melibatkan 4 kemahiran Bahasa Inggris. Akan tetapi sebagian besar mahasiswa ASTRI Budi Luhur masih menemui berbagai kesulitan dalam menggunakan 4 kemahiran Bahasa Inggris untuk menyelesaikan tugas-tugas kesekretarisan sehingga perlu dikembangkan sebuah bahan ajar untuk Bahasa Inggris untuk Sekretaris (English for Secretary (EFS)). Selanjutnya, berdasarkan observasi yang telah dilakukan pada bahan ajar EFS yang tersedia di ASTRI Budi Luhur, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tersebut tidak layak untuk digunakan. Oleh karena itu peneliti menyusun bahan ajar (modul) EFS yang didasarkan pada analisis kebutuhan dalam bentuk daring keseluruhan (fully online learning) melalui Moodle yang mengadopsi metode sinkron maya (synchronous learning) dan asinkron maya (asynchronous learning). Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan oleh 2 orang pakar ( pakar ESP dan pakar pengembangan bahan ajar daring), modul EFS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Hasil uji efektivitas yang dilakukan menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan ini telah terbukti dapat meningkatkan 4 kemahiran Bahasa Inggris mahasiswa. Kata Kunci: Bahan Ajar, English for Secretary, E-learning, Moodle, Integrative Learning Design Framework ************ ABSTRACT The focus of this research was the development of a module for English for Secretary (EFS) course that covering 4 English skills (Listening, Speaking, Reading, and Writing) in online learning through Moodle for Secretarial Academy of Budi Luhur (ASTRI) students. This research and development was conducted at ASTRI Budi Luhur from August 2015 to December 2017. The model development theory used in this research was the Integrative Learning Design Framework (ILDF) proposed by Bannan-Ritland (2003), while this module was developed based on Hutchinson and Waters's (1991) concept. This research indicated that a professional secretary must master a variety of secretarial competencies that involve 4 English skills. However, the majority of ASTRI Budi Luhur students still had many difficulties in completing the secretarial tasks in English. Meanwhile, the condition of the existing EFS instructional materials was not feasible to use. Therefore this research was aimed to arrange an EFS module. This module was developed in the online method through Moodle and delivered as fully online learning that adopts synchronous and asynchronous learning. This module was declared feasible by two experts: an ESP expert and an online instructional material development expert. The effectiveness test result showed that this module could improve four students' English skills (listening, speaking, reading, and writing). Keywords: Module, English for Secretary, E-learning, Moodle, Integrative Learning Design Framework

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ilza Mayuni, M.A ; 2). Prof. Dr. Emzir, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan
Depositing User: Users 8917 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:41
Last Modified: 24 Feb 2021 03:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13106

Actions (login required)

View Item View Item