KARAKTERISTIK VARIASI WAKTU DAN DURASI INJEKSI SISTEM ELECTRIK FUEL DENGAN PROXIMITY SENSOR TERHADAP PERFORMA PADA MODIFIKASI MOTOR BENSIN 2-LANGKAH KARBURATOR MENJADI DIRECT INJECTION

ADE TIYA PURWOKO, . (2021) KARAKTERISTIK VARIASI WAKTU DAN DURASI INJEKSI SISTEM ELECTRIK FUEL DENGAN PROXIMITY SENSOR TERHADAP PERFORMA PADA MODIFIKASI MOTOR BENSIN 2-LANGKAH KARBURATOR MENJADI DIRECT INJECTION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (430kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (729kB) | Request a copy

Abstract

Transportasi merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan manusia. Dari sekian banyak kendaraan transportasi sepeda motor menjadikan alat transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat dikarenakan lebih efektif dan efisien. Pengembangan teknologi injeksi langsung pada sepeda motor 2-langkah diharapkan menjadikan solusi untuk mengoptimalkan motor bensin 2-langkah. Mesin injeksi langsung yang menggunakan pompa tekanan tinggi dan pengaturan waktu injeksi serta durasi injeksi yang sesuai diharapkan menjadikan campuran bahan bakar yang lebih efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui unjuk kerja motor 2-langkah injeksi langsung dari pengaruh karakterisitik variasi sudut waktu injeksi, durasi injeksi dan tekanan bahan bakar. Sehingga mendapatkan sudut waktu injeksi dan durasi injeksi terbaik dengan tekanan bahan bakar 8,5 bar untuk menghasilkan unjuk kerja motor yang optimal. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di HDR Mitra Teknik menggunaka motor bensin 110 cc sistem injeksi langsung. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mesin dari putaran RPM, torsi dan daya dengan menggunakan tekanan pompa bahan bakar 8,5 bar yang divariasikan dengan sudut waktu injeksi (200 sebelum TMB, 00 TMB, dan 200 sesudah TMB) pada rotor tonjolan sebagai trigger dengan durasi injeksi (2,5ms – 3,5ms, 3ms – 3,75ms, dan 3,5ms – 4ms) menggunakan Thorttle Body. Modul sistem injeksi menggunakan sistem Arduino Uno sebagai pusat kendali untuk mengatur waktu injeksi dan durasi injeksi. Kemudian masing-masing variasi diuji secara bergantian untuk mengetahui kinerja motor menggunakan dyno test/dynamometer. Berdasarkan hasil pengujian, pengaturan waktu injeksi 200 sesudah TMB dan durasi injeksi 3ms – 3,75ms dengan tekanan pompa bahan bakar 8,5 bar menunjukan hasil paling optimal terbukti mampu meningkatkan torsi dan daya. Dari hasil pengujian menunjukan bahwa torsi puncak yang diperoleh 6,72 Nm pada 3140 RPM dan daya maksimum 3,0 HP pada 3140 RPM. ******* Transportation is one of the important elements in human life. Of the many transportation vehicles, motorbikes make transportation very popular because they are more effective and efficient. The development of direct injection technology on 2-stroke motorbikes is expected to be a solution to optimize 2-stroke gasoline motorbikes. Direct injection engines that use a high pressure pump and the appropriate injection timing and duration are expected to make the fuel mixture more efficient. This study aims to determine the performance of the 2-stroke motor direct injection from the influence of the characteristics of the variation in the angle of injection time, injection duration and fuel pressure. So that you get the best injection time angle and injection duration with a fuel pressure of 8.5 bar to produce optimal motor performance. This study uses an experimental method carried out at HDR Mitra Teknik using a 110 cc petrol motor with direct injection system. This test aims to determine engine performance from RPM rotation, torque and power by using a fuel pump pressure of 8.5 bar which is varied by the angle of injection time (200 before TMB, 00 TMB, and 200 after TMB) on the protruding rotor as a trigger with duration. injection (2.5ms - 3.5ms, 3ms - 3.75ms, and 3.5ms - 4ms) using a Thorttle Body. The injection system module uses the Arduino Uno system as a control center to adjust injection time and injection duration. Then each variation is tested in turn to determine the performance of the motor using a dyno test / dynamometer. Based on the test results, setting the injection time of 200 after the TMB and the injection duration of 3ms - 3.75ms with a fuel pump pressure of 8.5 bar showed the optimal results proved to be able to increase torque and power. The test results show that the peak torque obtained is 6.72 Nm at 3140 RPM and a maximum power of 3.0 HP at 3140 RPM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, MT. ; 2). Drs. Sopiyan, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Otomotif, Astronotika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 9421 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:40
Last Modified: 24 Feb 2021 07:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13164

Actions (login required)

View Item View Item