KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM MANQUSH DALAM KALIMAT PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ

Mutiara Savira Halim, . (2018) KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM MANQUSH DALAM KALIMAT PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mutiara Savira.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai jenis atau bentuk kesalahan penggunaan Isim Manqush serta faktor penyebabnya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab di Bulan November 2017. Data diperoleh dari tes sebanyak 30 buah, dengan sampel 24 mahasiswa yang dipilih secara acak dengan kualifikasi mereka yang sudah mempelajari mata kuliah Shorf II dan Nahwu 3.Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) menentukan kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa, 2) mendiagnosa bentukbentuk kesalahan, 3) mengelompokan kesalahan, 4) menghitung persentase atau frekuensi kesalahan, 5) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan, 6) mengelompokan kesalahan dengan Kriteria interpretasi, yaitu kesalahan jarang 1- 25%, kesalahan merata 26-75%, dan kesalahan umum 76-100%, 7) menjelaskan faktor- factor penyebab kesalahan. Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut dari 720 jawaban, ditemukan 366 kesalahan pada mahasiswa, dan di temukan kesalahan merata berikut rincian jenis kesalahannya beserta persentase kesalahan : (1) Kesalahan Penggunaan Isim Manqush dalam bentuk mudhof 54,1% dari 168 jawaban, (2) Kesalahan Penggunaan Isim Manqush dalam posisi Nashab 40,10% dari 192 jawaban, (3) Kesalahan Penggunaan Isim Manqush dalam posisi rofa’ 57,1% dari 168 jawaban, (4) Kesalahan Penggunaan Isim Manqush dalam posisi jar 53,1% dari 192 jawaban. Adapun sebab kesalahannya antara lain : (1) Ketidaktahuan batasan kaidah, dalam hal ini mahasiswa masih sulit dalam merubah bentuk akhir dan menentukan alamat i’rob pada kata, (2) Penerapan kaidah yang kurang, dalam hal ini mahasiswa belum mampu membedekan i’rob antara Isim-isim Shohih dengan Isim-isim Mu’tal, (3) Penyebab lainnya adalah terkadang pada i’rob isim manqush membutuhkan i’lal dan ibdal, oleh sebab itu sebagian mahasiswa masih salah dalam menentukan bentuk dan i’robnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara umum, mahasiswa, belum menguasai penggunaan Isim Manqush pada posisi rofa’ dengan baik dan benar. Selain itu peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Isim Manqush pada posisi rofa’ lebih sulit bagi para mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Romdani M.Pd 2) Chakam Failasuf M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 08 Nov 2019 14:54
Last Modified: 08 Nov 2019 14:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1317

Actions (login required)

View Item View Item