KESALAHAN PENGGUNAAN KAIDAH 'ATHAF DALAM KETERAMPILAN MENULIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (ANALISIS KESALAHAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

ASTI OKTALIANA AISYAH, . (2021) KESALAHAN PENGGUNAAN KAIDAH 'ATHAF DALAM KETERAMPILAN MENULIS PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA ARAB (ANALISIS KESALAHAN DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Asti Oktaliana Aisyah, Kesalahan dalam Penggunaan Kaidah ‘athaf dalam Keterampilan Menulis pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (Analisis Kesalahan di Universitas Negeri Jakarta). Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Januari 2021 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai jenis kesalahan dalam penggunaan kaidah huruf ‘athaf dalam keterampilan menulis pada mahasiswa pendidikan bahasa arab semester 6 Universitas Negeri Jakarta Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan dimulai dari bulan September 2020 hingga Desember 2020. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Data ini diperoleh dari tugas tentang menulis laporan pada mata kuliah kitabah 3 Berdasarkan pada hasil analisis dari 20 laporan mahasiswa. Jumlah kesalahan dalam penggunaan kaidah ‘athaf dalam keterampilan menulis pada mahasiswa angkatan 2017 jurusan Pendidikan Bahasa Arab sebanyak 27 kesalahan. Kesalahan tersebut terdiri dari 1) 9 kesalahan dalam penggunaan huruf “أم” (atau) sebesar 5%. 2) 8 kesalahan dalam penggunaan huruf “ثمّ” (Kemudian) sebesar 5%. 3) 4 kesalahan dalam penggunaan huruf “و” (dan) sebesar 2%. 4) 3 kesalahan dalam penggunaan huruf “بل” (Tetapi) sebesar 2%. 5) 3 kesalahan (2%) dalam penggunaan huruf “لكن” (Tetapi) sebesar 5%. Bentuk bentuk kesalahan yang terdapat dalam penggunaan kaidah 'athaf pada keterampilan menulis mahasiswa adalah perubahan dan penambahan Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan dalam penggunaan kaidah huruf ‘athaf dalam keterampilan menulis pada mahasiswa, antara lain : 1) kesalahan konsep bahasa 2) Ketidaktahuan tentang batasan suatu kaidah. 3) Tidak memahami kata. Solusi untuk mengurangi kesalahan mahasiswa adalah dengan dosen menjelaskan perbedaan antara dua kata yang memiliki makna yang sama dan melatih mahasiswa dalam menulis kalimat. Mahasiswa memahami teori dan fungsi masing-masing huruf ‘athaf, dan mahasiswa harus melakukan latihan sendiri baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Dan dengan menambah kosakata, dan dosen harus memberi mahasiswa banyak latihan tentang struktur huruf ‘athaf dalam kalimat. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Sebagian mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2017 belum menguasai kaidah huruf ‘athaf terutama dalam membedakan dua kata yang memiliki makna yang sama.   ABSTRACT Asti Oktaliana Aisyah, Errors in Using the Rule of the Letter Conjungtion in Writing Skills in Arabic Language Education Students (Error Analysis at the State University of Jakarta), Essay. Jakarta: Department of Arabic Language Education, Faculty of Language and Arts, State University of Jakarta,January 2021 This research has been carried out to gain empirical data on types of errors in the use of the rule of the letter 'athaf in writing skills in 6th semester Arabic Language Education students at Jakarta State University. This research was conducted at the State University of Jakarta in the Arabic Language Education Study Program and started from September 2020 to December 2020. Using descriptive analysis methods. This data was obtained from an assignment about writing reports on our course kitabah 3 Based on the results of an analysis of 20 student reports. The number of errors in the use of the rule of the letter 'athaf in writing skills in Class 2017 students of the Arabic Language Education Department was 27 errors. The errors consisted of 1) 9 errors in the use of the letters "أم" (or) (5%). 2) 8 errors in using the letter “ثمّ” (Later) (5%). 3) 4 errors in the use of the letter "و" (and) (2%). 4) 3 errors in the use of the letter "بل"(But) (2%). 5) 3 errors in using the letters “لكن” (However) (2%). The kinds of errors contained in the use of the 'athaf' rule in students' writing skills are changes and additions The factors that cause errors in using the rule of the letter 'athaf' in writing skills in students, such as: 1) language conceptual errors 2) Ignorance of the limits of a rule. 3) Don't understand the word. The solution to reducing student errors is by the teacher to explain the difference between two words that have the same meaning and train students in writing sentences. Students understand the theory and function of each letter 'athaf, and students must do the exercises themselves both inside and outside the classroom. Students increase vocabulary, and the teacher should give students lots of practice on the structure of the letters 'athaf in sentences. The results of the data analysis show that some students majoring in Arabic Language Education at the State University of Jakarta Class of 2017 have not yet mastered the rules of the letter 'athaf, especially in distinguishing two words that have the same meaning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Prof. Dr. Emzir, M.Pd 2. Dr. Mohamad Sarip, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8928 not found.
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:35
Last Modified: 24 Feb 2021 01:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13175

Actions (login required)

View Item View Item