TERBENTUKNYA KARAKTER HINDU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Etnografi di Kelompok B TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur)

LUH RAY SARASWATI, . (2016) TERBENTUKNYA KARAKTER HINDU PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Etnografi di Kelompok B TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (95kB)
[img] Text
Cover & Kata Pengantar.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (277kB)
[img] Text
KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran informasi dan data empiris mengenai karakter Hindu pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif etnografi dan dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa Rawamangun, Jakarta Timur. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Spradley yang meliputi analisis domain, taksonomi, komponensial, dan analisis tema budaya. Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi data dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan karakter Hindu anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Abhilasa yaitu : 1) Sikap beragama mulai muncul pada anak melalui kegiatan memimipin doa. 2) Sopan santun yang muncul menumbuhkan karakter Hindu pada anak. 3) Sikap disiplin anak pada saat melakukan ibadah atau sembahyang dengan baik dan benar. Implikasi dari penelitian ini adalah secara teoritis, karakter Hindu dapat dibangun pada diri anak melalui pembiasaan sikap beragama. Secara praktis karakter Hindu pada anak akan sangat efektif apabila terdapat dukungan dari guru dan lingkungan sekitar anak. Guru dapat memberikan tindakan yang mengarahkan anak untuk membangun pemahaman konsep agamanya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati M.Si ; 2). Dr. Hapidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 15:40
Last Modified: 08 Nov 2019 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item