FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS VIDEO TELEKONFERENSI

FANNY ANASTASIAH, . (2021) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENGGUNA PADA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS VIDEO TELEKONFERENSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas sistem dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna pembelajaran daring berbasis Video Telekonferensi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta selama lima bulan, sejak September 2020 sampai Januari 2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei, populasi yang digunakan yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi Univeristas Negeri Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling sebanyak 250 responden. Persamaan regresi linier sederhana yang dihasilkan X1 terhadap Y yaitu Ŷ = 2,134 + 0,918 X1 dan persamaan regresi linier sederhana yang dihasilkan X2 terhadap Y yaitu Ŷ = 12,988 + 0,581 X2. Uji normalitas menggunakan uji Kolomogrov-Smirnov dengan hasil tingkat signifikan Y, X1 dan X2 sebesar 0,075. Tingkat signifikansi ketiga variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi. Uji linieritas regresi Y atas X1 dan Y atas X2 menghasilkan nilai signifikansi Linierity, yaitu sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel memiliki hubungan yang linier. Kemudian dilakukan uji t dan menghasilkan Y atas X1 memperoleh thitung = 17,323 dan ttabel = 1,969, dan Y atas X2 memperoleh thitung = 9,631 dan ttabel = 1,969. Nilai koefisien korelasi antara variabel kualitas sistem (X1) terhadap kepuasan pengguna (Y) sebesar 0,716 dan nilai koefisien korelasi antara variabel kualitas layanan (X2) terhadap kepuasan pengguna (Y) sebesar 0,623. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna serta hubungan yang positif dan signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna. Koefisien determinasi Y atas X1 diperoleh sebesar 0,548 yang menujukkan bahwa 54,8 % variabel kepuasan pengguna ditentukan oleh kualitas sistem. Kemudian koefisien determinasi Y atas X2 diperoleh sebesar 0,272 yang menunjukkan bahwa 27,2% variabel kepuasan pembelian ditentukan oleh kualitas layanan. This study aims to determine the relationship between system quality and service quality on user satisfaction of online learning based on Video Teleconferencing for students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. This research was conducted at the Faculty of Economics, State University of Jakarta for five months, from September 2020 to January 2021. The research method used was the survey method, the population used was all students of the Faculty of Economics, State University of Jakarta. The sampling technique used was purposive sampling of 250 respondents. The simple linear regression equation generated by X1 against Y is Ŷ = 2.134 + 0.918 X1 and the simple linear regression equation generated by X2 against Y is Ŷ = 12.988 + 0.581 X2. The normality test used the KolomogrovSmirnov test with significant levels of Y, X1 and X2 of 0.075. The significance level of the three variables is> 0.05, it can be concluded that the data is distributed. The regression linearity test of Y on X1 and Y on X2 resulted in a significance value of Linearity, which is equal to 0.000 <0.05, it can be concluded that the three variables have a linear relationship. Then the t test is carried out and produces Y on X1 obtaining t = 17.323 and t table = 1.969, and Y on X2 obtaining t = 9.631 and t table = 1.969. The correlation coefficient value between the system quality variable (X1) on user satisfaction (Y) is 0.716 and the correlation coefficient value between the service quality variable (X2) on user satisfaction (Y) is 0.623. So it can be concluded that there is a positive and significant relationship between system quality on user satisfaction and a positive and significant relationship between service quality and user satisfaction. The coefficient of Y determination on X1 is 0.548 which shows that 54.8% of the user satisfaction variable is determined by the quality of the system. Then the coefficient of determination Y on X2 is 0.272 which indicates that 27.2% of the purchase satisfaction variable is determined by service quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ryna Paryna, M.B.A ; 2). Nadya Fadillah F., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Tinggi, Universitas
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 9356 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:53
Last Modified: 26 Feb 2021 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13301

Actions (login required)

View Item View Item