HIJRIL ISMAIL, . (2021) MODEL BAHAN AJAR PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS BERBASIS E-LEARNING MOODLE (Penelitian dan Pengembangan di Universitas Muhammadiyah Mataram). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (876kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (578kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (369kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan model bahan ajar pemahaman bacaan bahasa Inggris berbasis e-learning moodle. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan sejak tahun 2018 hingga 2020 di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram yang melibatkan 27 mahasiswa dan 3 dosen sebagai partisipan. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuisioner analisis kebutuhan bahan ajar, kuisioner kelayakan bahan ajar, kuesioner persepsi dan soal pretest dan posttest. Data kuesioner dianalisis secara kualitatif sedangkan data hasil pretest dan posttest dianalisis dengan menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa dan dosen membutuhkan bahan ajar pemahaman bacaan bahasa Inggris berbasis e-learning moodle. Hasi uji efektivitas menunjukan bahwa nilai signifikan (2-tailed) = 0,00 lebih kecil dari 0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pada pretest dan posttest. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan model bahan ajar pemahaman bacaan bahasa Inggris berbasis e-learning moodle efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Oleh karena itu, direkomendasikan agar model bahan ajar pemahaman bacaan bahasa Inggris berbasis e-learning moodle ini dapat diimplementasikan di Universitas Muhammadiyah Mataram dan juga lembaga lain yang memiliki mata kuliah pemahaman bacaan bahasa Inggris.********** The purpose of this study is to produce a model of reading comprehension teaching materials based on moodle e-learning. This research is research and development carried out from 2018 to 2020 in the English Education Program, Faculty of Teacher Training and Education, Muhammadiyah University of Mataram, which involved 27 students and 3 lecturers as participants. The data collection instrument consisted of a teaching material needs analysis questionnaire, a feasibility study questionnaire, a perception questionnaire, and a pretest and a posttest question. The questionnaire data were analyzed qualitatively, while the pretest and posttest results were analyzed using the SPSS application. The results showed that students and lecturers needed English reading comprehension teaching materials based on moodle e-learning. The result of the effectiveness test shows that the significant value (2-tailed) = 0.00 is less than 0.05. This shows that there is a significant difference between the pretest and posttest scores. Thus, learning using the English reading comprehension teaching material model based on moodle e-learning is effective in improving students learning outcomes. Therefore, it is recommended that the model of English reading comprehension teaching materials based on e-learning moodle can be implemented at the Muhammadiyah University of Mataram and also other institutions that have English reading comprehension courses.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Emzir, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Bahasa dan Kesusastraan > Linguistik Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 708 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2021 03:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2021 03:35 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13318 |
Actions (login required)
View Item |