PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR

MARCE YOPA, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (440kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (225kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (498kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf

Download (262kB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (146kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[img] Text
19. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (136kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri di Kelurahan Jakarta Timur. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Rawamangun 01 Pagi Jakarta Timur sebanyak 68 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji homogenitas Lilliefors dan uji homogenitas dengan uji-F. taraf signifikan menunjukkan bahwa kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan dan analisis data digunakan uji-t pada taraf signifikan 0,05. Penelitian menunjukkan bahwa tes hasil kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung (6,26) dan ttabel (1,697) atau thitung > ttabel maka H0 ditolak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang siginifikan antara siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN di Kelurahan Rawamangun Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 16:19
Last Modified: 08 Nov 2019 16:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item