PENGARUH VARIASI TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN 2 STROKE GASOLINE DIRECT INJECTION 110 CC

MUHAMAD RIANGGA WIDANARKO, . (2021) PENGARUH VARIASI TEKANAN POMPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN 2 STROKE GASOLINE DIRECT INJECTION 110 CC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTSKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tiap variasi tekanan pompa bahan bakar terhadap performa (torsi dan daya) mesin motor bensin 2-langkah injeksi langsung 110 cc yang dapat dihasilkan dan untuk mengetahui torsi dan daya optimal yang dihasilkan mesin motor bensin 2-langkah injeksi langsung 110 cc yang dipengaruhi oleh tekanan bahan bakar. Penelitian menggunakan metode eksperimen dan pengujian performa atau unjuk kerja mesin sepeda motor 2 langkah 110 cc dengan bahan bakar RON 90 menggunakan chassis dynamometer. Hasil Pengujian didapatkan data torsi dan daya pada tekanan 7,5 Bar, 8 Bar dan 8,5 Bar. Motor yang digunakan dalam penelitian ini adalah Yamaha F1ZR 110 cc dan untuk membuat variasi tekanan pompa injeksi menggunakan regulator dan kran tekanan tinggi. Pada motor pembakaran injeksi langsung 2 langkah ini, menggunakan throttle body untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke mesin agar campuran bahan bakar dan udara lebih presisi dibandingkan dengan sistem karburator Daya dan Torsi maksimal dari rata-rata 3 kali pengulangan dicapai pada 3250 rpm. Pada tekanan 7,5 Bar nilai torsi 4,07 Nm dan daya 1,87 kW. Pada tekanan 8 Bar didapat nilai torsi 6,13 Nm dan daya 1,97 kW. Dan pada tekanan 8,5 Bar didapat nilai torsi 6,20 dan daya 2,00 kW. Seiring dengan penambahan tekanan maka partikel bahan bakar lebih teratomisasi sehingga memberikan pengaruh dengan menghasilkan peningkatan pada performa (torsi dan daya). The purpose of this study was to find out how much influence each variation of fuel pump pressure has on the performance (torque and power) of the 110 cc direct injection 2-step gasoline motor engine that can be produced and to know the torque and optimal power produced by the 110 cc direct injection 2-step gasoline motor engine that is affected by fuel pressure. This research uses experimental methods and performance testing or performance of a 110 cc 2 stroke motorcycle engine with RON 90 fuel using a chassis dynamometer. The test results obtained torque and power data at a pressure of 7.5 Bar, 8 Bar and 8.5 Bar. The motor used in this research is Yamaha F1ZR 110 cc and to vary the pressure of the injection pump using a high pressure valve and regulator. In this 2-stroke direct injection combustion motor, it uses the throttle body to regulate the amount of air that enters the engine so that the fuel and air mixture is more precise compared to the carburetor system. Maximum power and torque from an average of 3 repetitions is achieved at 3250 rpm. At a pressure of 7.5 Bar, the value of torque is 4.07 Nm and a power of 1.87 kW. At a pressure of 8 Bar, the torque value is 6.13 Nm and a power of 1.97 kW. And at a pressure of 8.5 Bar, the torque value is 6.20 and the power is 2.00 kW. As the pressure increases, the fuel particles are more atomized so that they have an effect by producing an increase in performance (torque and power).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka, M.T. ; 2). I Wayan Sugita M.T.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 9495 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 05:16
Last Modified: 26 Feb 2021 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item