MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA KERJA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WORD BINGO PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLB NEGERI 3 JAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 3 Jakarta, Jakarta Pusat)

MARIA MULYA GUNAFIN, . (2016) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KOSAKATA KERJA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA WORD BINGO PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLB NEGERI 3 JAKARTA (Penelitian Tindakan Kelas di SLB Negeri 3 Jakarta, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (90kB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI MARIA MULYA G.pdf

Download (314kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosakata kerja peserta didik tunarungu melalui penggunaan media word bingo pada kelas V SLB Negeri 3 Jakarta, Jakarta Pusat. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (Action Research) yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes lisan, dokumentasi, dan pedoman observasi untuk memperoleh data tentang tindakan dan kemampuan mengenal kosakata kerja. Standar Keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi yaitu dengan perolehan nilai sebesar 60. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Skor nilai penguasaan pada masing-masing peserta didik yaitu RI 86,6, TGR 73,3, dan NDA 60. Skor nilai penguasaan yang diperoleh sudah mencapai target. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan Word Bingo dapat meningkatkan kemampuan mengenal kosakata kerja pada peserta didik tunarungu kelas V SLB Negeri 3 Jakarta, kemayoran- Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Dr.Ishak G. Bachtiar, M.Pd ; Drs. Ibrahim Abidin, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2019 17:04
Last Modified: 08 Nov 2019 17:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1336

Actions (login required)

View Item View Item