PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SISWA KELAS XI SMAN 79 JAKARTA)

YUSUF MUAFA ZAKY, . (2021) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA (STUDI KASUS: SISWA KELAS XI SMAN 79 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (988kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (369kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (803kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana guru dapat bertindak dan berpikir kreatif dalam memanfaatkan pembelajaran daring untuk meningkatkan minat belajar siswa ditengah pembelajaran daring yang terjadi saat ini. Guru dituntut untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran daring dalam mengajar agar para siswa memiliki rasa ingin tahu yang lebih dalam lagi dalam proses pembelajaran. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik Memilih Media Pembelajaran Daring, Pembelajaran PAI dan Minat Belajar. Adapun metode yang digunakan adalah metode pengamatan lapangan (field research) untuk melihat proses pembelajaran daring PAI di sekolah tersebut serta melihat sejauh mana guru dapat memanfaatkan media pembelajaran daring untuk meningkatkan minat belajar Siswa. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa guru memanfaatkan media pembelajaran yang ada lalu memodifikasi agar pembelajaran tersebut tetap menarik bagi siswa. Siswa di SMAN 79 Jakarta menilai apa yang dilakukan oleh guru PAI dalam hal pemanfaatan media pembelajaran sudah tepat dan menjadikan siswa memiliki minat pembelajaran pada kondisi pandemi karena memberikan pengalaman belajar bagi mereka walaupun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Kata kunci : Media Pembelajaran daring, Minat Belajar ************** This study aims to see the extent to which teachers can act and think creatively in utilizing online learning to increase student interest in learning amidst the current online learning. Teachers are required to be able to take advantage of online learning media in teaching so that students have a deeper curiosity in the learning process. The theory used in this research is the Technique for Choosing Online Learning Media, PAI Learning and Learning Interest. The method used is the method of field research (field research) to see the online learning process of Islamic Education in the school and to see to what extent teachers can use online learning media to increase student interest in learning. The data are presented in descriptive qualitative form. Then the data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and documentation. The results of the study indicate that the teacher makes use of existing learning media and then modifies it so that the learning remains attractive to students. Students at SMAN 79 Jakarta assessed what PAI teachers had done in terms of using learning media was right and made students have an interest in learning in pandemic conditions because it provided a learning experience for themeven though learning was carried out remotely.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Andy Hadiyanto, MA ; 2) Dr. Izzatul Mardhiah, MA
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 9126 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 04:16
Last Modified: 26 Feb 2021 05:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item