IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM BEKASI TINGKAT SD

LISA DIAH PERMATASARI, . (2021) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM BEKASI TINGKAT SD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran di Sekolah Alam Bekasi tingkat SD. Sistem pendidikan di Indonesia yang bersifat sentralistik dan mengacu pada Dinas Pendidikan membuat setiap sekolah yang ada Indonesia mengikuti kurikulum pendidikan nasional khususnya kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran. Hal tersebut juga berlaku untuk lembaga pendidikan alternatif seperti sekolah alam. Sekolah Alam Bekasi tingkat SD menerapkan kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran dan disesuaikan dengan konsep serta kurikulum khas sekolah alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dari penelitian ini terdiri dari sembilan orang informan yang terdiri dari tujuh guru Sekolah Alam Bekasi Tingkat SD, satu kepala sekolah Sekolah Alam Bekasi tingkat SD dan satu koordinator dari Talenta Center yang bertugas dalam menyelenggarakan pendidikan inklusi bagi peserta didik berkebutuhan khusus di Sekolah Alam Bekasi tingkat SD. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantara yaitu wawancara, observasi, studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019 sampai dengan Mei 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum 2013 dilakukan dalam tiga bagian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi peserta didik. Pada tahap perencanaan Sekolah Alam Bekasi tingkat SD memiliki sebuah acuan pembelajaran yang disebut DAP (Daily Activity Plan) yang mana merupakan pengembangan dari kurikulum 2013 dan konsep pembelajaran sekolah alam. Pada tahap pelaksanaan, Sekolah Alam Bekasi tingkat SD memanfaatkan BBA (Belajar Bersama Alam), kegiatan-kegiatan sekolah alam seperti sale day maupun ekspedisi, program magang dan outing sebagai perpanjangan tangan dari materi yang terdapat di kurikulum 2013 sehingga pembelajaran tidak hanya bersifat teoritis, namun juga memberikan pengalaman bagi peserta didik. Pada tahap evaluasi peserta didik, evaluasi dilakukan dengan ujian tertulis maupun lisan, disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, dan homechallenge. Homechallenge merupakan sebuah tugas yang memuat konten kurikulum 2013 namun dibuat dalam format sekolah alam. Isi dari homechallenge tidak hanya bersifat teoritis, tapi juga bersifat penalaran dan aktivitas yang dilakukan peserta didik secara mandiri maupun bersama orang tua di rumah. The purpose of this study is to see the implementation of the 2013 curriculum in the learning process at Sekolah Alam Bekasi Elementary School. In Indonesia, every school must apply the 2013 curriculum that made by The Ministry of Education and Culture include alternative education such as a nature school. Sekolah Alam Bekasi Elementary School apply curriculum 2013 in the learning process and adjust with the nature school learning concept. This research uses a qualitative approach with a case study method. The subjects of this research are consist of nine informants including seven teachers of Sekolah Alam Bekasi Elementary School, Sekolah Alam Bekasi Elementary School’s headmaster, and a coordinator from Talenta Center who was in charge of providing inclusive education for students with special needs at Sekolah Alam Bekasi Elementary School. The data collection techniques used in this study included interviews, observation, literature studies, and documentation. This research was conduct from April 2019 to May 2019. The result of this study that the implementation of the 2013 curriculum is divided into three stages, planning, implementation, and student evaluation. At the planning stage, Sekolah Alam Bekasi Elementary School has DAP (Daily Activity Plan) which is a development of the 2013 curriculum and nature learning concept. At the implementation stage, Sekolah Alam Bekasi Elementary School has combined 2013 and nature school programs such as learn with nature or called BBA (Belajar Bersama Alam), sale day, expedition, internship, and outing, the learning process is not only about theory but also provides experiences for students. A student evaluation stage is carried out with written and oral exams, which are adjusted to the students’ abilities, and Homechallenge. The content of the Homechallenge itself is not only theoretical but also reasoning and activities carried out by students independently or with parents at home.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM.,M.Si ; 2). Devi Septiandini, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 9522 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 03:27
Last Modified: 01 Mar 2021 03:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13425

Actions (login required)

View Item View Item