MELVA RANI CHRISTINE, . (2021) ANALISIS PENGARUH BEBAN, KECEPATAN DAN JARAK TEMPUH TERHADAP KAPASITAS BATERAI SEPEDA LISTRIK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (403kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (404kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (790kB) | Request a copy |
Abstract
Sepeda listrik merupakan rangkaian sepeda yang telah dikombinasikan dengan motor yang memiliki tenaga penggerak berupa baterai sekunder yang dapat di isi ulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban, kecepatan dan jarak tempuh terhadap kapasitas baterai sepeda listrik. Dan melakukan perbandingan peforma antara dua kapasitas baterai. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental design dengan pendekatan kuantitatif teknik analisis data regresi berganda untuk mendiskripsikan data penelitian pengaruh beban dan kecepatan terhadap kapasitas baterai dan jarak tempuh yang dihasilkan. Dimana hasil dari penelitian ini adalah berupa perbandingan performa antara dua baterai yang diperlakukan dengan pengaruh variasi beban dan variasi kecepatan. Berdasarkandata pertama hasil penelitian yangdiperoleh baterai merk A kapasitas baterai; tegangan terbesar adalah 48,9V pada beban 50kg dan kecepatan 10km/jam, sedangkan tegangan terkecil adalah 42,40V pada beban 70kg dan kecepatan 30Km/jam. Lalu pada jarak tempuh yang dihasilkan terbesar adalah 32Km pada beban 50kg dan kecepatan 10Km/jam, sedangkan jarak tempuh terkecil adalah 10Km pada 70kgbeban dan kecepatan 30Km/jam. Sedangkan konsumsi arus terbesar adalah 12,7A pada beban 70kg kecepatan 30Km/jam, kemudian konsumsi arus terkecil adalah 3A pada 60beban kecepatan 10km/jam. Data kedua hasil penelitian yang diperoleh baterai merk B kapasitas baterai; tegangan terbesar adalah 47V pada beban 50kg dan kecepatan 10km/jam, kemudian tegangan terkecil adalah 42,4V terdapat pada beban 70kg dan kecepatan 30Km/jam. Sedangkan konsumsi arus terbesar adalah 14A pada beban 70kg dan 30 kecepatan Km/jam. Lalu jarak tempuh yang dihasilkan terbesar adalah 3Km pada beban 50kg dan kecepatan 10km/jam, kemudian jarak tempuh terkecil adalah 3Km pada beban 70kg dan 30kecepatan Km/jam. Dari kedua hasil data kapasitas baterai diatas dapat disimpulkan bahwa semakin berat beban dan semakin tinggi kecepatan, maka tegangan input akan semakin kecil dan konsumsi arus akan semakin besar. Dan peforma baterai yang memenuhi standar spesifikasi sepeda adalah baterai merk A. An electric bicycle is a series of bicycles that have been combined with a motor that has a driving force in the form of a secondary rechargeable battery. This study aims to determine the effect of load, speed and distance on electric bicycle battery capacity. And do a performance comparison between the two battery capacities. This study uses a quasi experimental design method with a quantitative approach to multiple regression data analysis techniques to describe the research data of the effect of load and speed on battery capacity and the resulting mileage. Where the results of this study are in the form of a performance comparison between two treated batteries with the influence of load variations and speed variations. Based on the first data the results of the research obtained batteries of brand A battery capacity; The largest voltage is 48.9V at a load of 50kg and a speed of 10km/hour, while the smallest voltage is 42.40V at a load of 70kg and a speed of 30Km/hour. Then the resulting largest mileage is 32Km at 50kg load and 10Km/hour speed, while the smallest mileage is 10Km at 70kg load and 30Km/hour speed. While the largest current consumption is 12.7A at a load of 70kg with a speed of 30Km/hour, then the smallest current consumption is 3A at a load of speed of 10km/hour. The second data from the research results obtained by battery brand B battery capacity; the largest voltage is 47V at a load of 50kg and a speed of 10km/hour, then the smallest voltage is 42.4V at a load of 70kg and a speed of 30Km/hour. While the largest current consumption is 14A at 70kg load and 30 km/hour speed. Then the resulting largest mileage is 3Km at a load of 50kg and a speed of 10km/hour, then the smallest mileage is 3Km at a load of 70kg and 30km/hour of speed. From the two results of the battery capacity data above, it can be concluded that the heavier the load and the higher the speed, the smaller the input voltage and the greater the current consumption. And battery performance that meets bicycle specification standards is a brand A battery.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Ir. Parjiman, M.T. ; 2). Dr. Aris Sunawar, S.Pd., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Users 9551 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 04:54 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 04:54 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13429 |
Actions (login required)
View Item |