PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL, EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA STUDI KASUS DI SMK NEGERI 14 JAKARTA

NURUL AINI, . (2021) PERAN GURU AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL, EMOSIONAL DAN SOSIAL SISWA STUDI KASUS DI SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK-converted.pdf

Download (274kB)
[img] Text
cover-converted.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI -converted.pdf

Download (171kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR-converted.pdf

Download (184kB)
[img] Text
scan lembar pengesahan 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
scan lembar pengesahan 2.pdf

Download (150kB)
[img] Text
scan surat keaslian skripsi.pdf

Download (274kB)
[img] Text
Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi (2).pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB I-converted.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB II-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN-converted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru agama islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional dan sosial siswa di SMK Negeri 14 Jakarta. Selain dituntut cerdas secara intelektual manusia khususnya peserta didik dituntut untuk cerdas secara spiritual dan cerdas secara emosional. Peserta didik yang pada umumnya berada pada usia remaja ditandai dengan emosi yang tidak terkendali. Faktor lingkungan serta pergaulan sangat berpengaruh terhadap kestabilan emosi remaja. Peran guru agama islam menjadi penting untuk dapat mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional serta kecerdasan spiritual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru agama islam memiliki peranan penting dalam mengembangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual melalui berbagai upaya seperti melatih siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar serta menanamkan sikap bersosialisasi dengan melalui kegiatan yang dilaksanakan seperti diadakannya tadarus al-qur’an, melakukan sholat berjamaah di sekolah, adanya pelibatan siswa dalam peringatan hari besar islam, menjenguk yang sakit dan takziyah ketika ada yang terkena musibah, siswa diberi kesempatan untuk mengelola kantin, dan siswa juga melakukan hafalan doa sehari-hari, doa sholat dan surah pendek. This study aims to analyze the role of Islamic religious teachers in developing the spiritual, emotional and social intelligence of students at SMK Negeri 14 Jakarta. In addition to being demanded intellectually, humans, especially students, are required to be spiritually intelligent and emotionally intelligent. Students who are generally in their teens are characterized by uncontrolled emotions. Environmental and social factors greatly affect the emotional stability of adolescents. The role of Islamic religious teachers is important to be able to develop intellectual and emotional intelligence and spiritual intelligence. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data collection procedure was done by interview, observation and documentation. The results of this study indicate that Islamic religious teachers have an important role in developing intellectual intelligence, emotional intelligence, and spiritual intelligence through various efforts such as training students to be active in teaching and learning activities and instilling a social attitude through activities carried out such as the holding of tadarus al-qur. 'an, praying in congregation at school, involving students in commemoration of Islamic holidays, visiting the sick and takziyah when someone is affected by a disaster, students are given the opportunity to manage the canteen, and students also memorize daily prayers, prayers and surah short.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Sari Narulita, Lc., M.Si ; 2). Firdaus Wajdi, S.Th.I., MA., PhD
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 9135 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:04
Last Modified: 01 Mar 2021 07:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13451

Actions (login required)

View Item View Item