EDITA DEWI PERMANA, . (2021) PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS BAGI PASUKAN PEMELIHARA PERDAMAIAN PBB PADA KURSUS INTENSIF DI PUSDIKLAT BAHASA BADIKLAT KEMHAN RI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (248kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (255kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi berjudul Pembelajaran Bahasa Prancis bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian pada Kursus Intensif di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI ditujukan sebagai salah satu syarat kelulusan di Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Prancis pada Kursus Intensif bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB menggunakan komponen pembelajaran meliputi peserta didik, pengajar, tujuan, materi/bahan ajar, metode, media dan evaluasi. Bahasa Prancis merupakan salah satu bahasa asing yang diajarkan di Kursus Intensif Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu hasil wawancara guru dan angket siswa dan juga data sekunder seperti daftar siswa, kurikulum, bahan ajar, rancangan pembelajaran dan sebagainya. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi . Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data yang mengacu pada Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Display Data (Penyajian Data) dan Verification (Menarik kesimpulan). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Prancis di Pusdiklat Bahasa Badiklat Kemhan RI telah mengikuti 7 komponen pembelajaran, yakni peserta didik bahasa Prancis merupakan personel militer yang akan ditugaskan sebagai pasukan pemelihara perdamaian PBB. Pengajar merupakan guru yang berkualitas yang memiliki pengalaman bertugas, lisensi resmi dan gelar sarjana pendidikan. Tujuan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Kursus Intensif Bahasa Prancis bagi Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB Kemhan RI. Materi ajar yang digunakan adalah buku khusus Peacekeeper yaitu buku En Avant, Methode de Francais pour Les Militaires – Afrique . Ocean Indien yang disusun oleh Kementerian Luar Negeri yang bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan Prancis. Metode pembelajaran yang guru gunakan adalah metode komunikatif dan aksionel. Media pembelajaran yang digunakan di kelas seperti TV layar lebar, komputer, VCD player, power point dan sebagainya. Terakhir, evaluasi yang guru lakukan adakah penilaian dengan memberikan quiz, ujian harian, ujian tengah dan ujian akhir. Kata Kunci : Pembelajaran Bahasa Prancis, Komponen Pembelajaran, Kualitatif Deskriptif The thesis “French Learning for UN Peacekeeping Forces in the Language Education and Training Center at Education and Training Board of Ministry of Defense Republic of Indonesia” is intended as one of the graduation requirements in the French Language Education Program, Faculty of Languages and Arts, Jakarta State University. This study aims to determine whether French language learning in the Intensive Course for UN Peacekeeping Forces uses learning components including students, teachers, objectives, materials / teaching materials, methods, media and evaluation. French is one of the foreign languages taught in the Language Education and Training Center at Education and Training Board of Ministry of Defense Republic of Indonesia. This study uses primary data from results of teacher interviews and student questionnaires as well as secondary data such as student lists, curriculum, teaching materials, learning designs, etc. This research is a descriptive method with a qualitative approach and the techniques used to collect data are interview, questionnaire and documentation. The data analysis technique of this research is data analysis technique which refers to Miles and Huberman consists three stages, namely Data Reduction, Data Display and Verification (Conclusions Drawing). The results of this research conclude that French learning at the Language Education and Training Center at Education and Training Board of Ministry of Defense Republic of Indonesia had followed learning components. The students are the military personnel who would be assigned as UN peacekeeping forces. The teachers are qualified teachers who have work experience on missions, official licenses and a bachelor’s as well as master degree in education. The learning objectives are in accordance with the French Language Intensive Course Curriculum for the UN Peacekeeping Forces of the Indonesian Ministry of Defense. The teaching materials used is a special book for Peacekeeper, “En Avant, Method de Francais pour Les Militaires - Afrique. Ocean Indien”, compiled by the Ministry of Foreign Affairs in collaboration with the French Ministry of Defense. The learning methods that the teachers use are communicative and actional methods. The media used in class are big screen TV, computer, VCD player, power point and so on. Finally, the evaluation that the teachers do is an assessment by giving quizzes, daily exams, middle and final exams. Keywords: French Language Learning, Learning Components, Descriptive Qualitative
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd. ; 2). Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 9053 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 09:56 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 09:56 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13477 |
Actions (login required)
View Item |