PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI MENYIMAK MODEL INTEGRATIF DAN PENGETAHUAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JEPANG (Penelitian Eksperimen secara Daring pada Siswa Kelas XII SMAN 21 Bekasi)

FITRI ASTAR, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN STRATEGI MENYIMAK MODEL INTEGRATIF DAN PENGETAHUAN KOSAKATA TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA JEPANG (Penelitian Eksperimen secara Daring pada Siswa Kelas XII SMAN 21 Bekasi). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh dari pembelajaran strategi menyimak model integratif secara daring dan pengetahuan kosakata terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen yang dilakukan di SMAN 21 Bekasi, Jawa Barat. Data dikumpulkan dari 44 orang partisipan dengan cara pemberian tes awal dan tes akhir menggunakan instrumen terkait keterampilan menyimak bahasa Jepang. Pengetahuan kosakata partisipan juga diukur menggunakan tes pengetahuan kosakata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran strategi menyimak model integratif yang dilakukan secara daring dan pengetahuan kosakata tidak berpengaruh pada keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa kelas XII SMAN 21 Bekasi. Hasil ini juga memperlihatkan tidak adanya interaksi antara pembelajaran strategi menyimak secara daring dan pengetahuan kosakata terhadap keterampilan menyimak bahasa Jepang siswa kelas XII SMAN 21 Bekasi. Rekomendasi terkait kemungkinan faktor lain yang dapat mempengaruhi efektifitas pembelajaran strategi menyimak model integratif juga dibahas dalam penelitian. The aim of this research is to investigate the effect of online listening strategy instruction, integrative model and vocabulary knowledge on Japanese listening skill. This is a quantitative research using a quasi-experimental method conducted at SMAN 21 Bekasi, West Java. Data were collected from 44 participants by giving pre-test and post-test using instruments related to Japanese listening skill. Participants' vocabulary knowledge was also measured using a vocabulary knowledge test. The results showed that online listening strategy instruction, integrative model and vocabulary knowledge had no effect on the Japanese listening skill of grade XII students of SMAN 21 Bekasi. These results also show that there was no interaction between online listening strategy instruction, integrative model and vocabulary knowledge on the Japanese listening skill of grade 12 students of SMAN 21 Bekasi. Recommendations regarding other possible factors that can affect the effectiveness of online listening strategy instruction, integrative model are also discussed.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Ansoriyah, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 8962 not found.
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:21
Last Modified: 02 Mar 2021 05:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13493

Actions (login required)

View Item View Item