STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK GAMBANG KROMONG DI SMP NEGERI 253 JAKARTA SELATAN

THOMAS, . (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MUSIK GAMBANG KROMONG DI SMP NEGERI 253 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (234kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

THOMAS, 2021. Strategi Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Gambang Kromong di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan. Program studi Musik Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada ekstrakurikuler Gambang Kromong di SMPN 253 Jakarta Selatan, agar bisa diterapkan oleh sekolah sekolah lain yang memiliki ekstrakurikuler Gambang Kromong dengan maksud ikut membantu melestarikan dan juga mempelajari muatan lokal yang ada pada Kesenian di DKI Jakarta. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode bersifat deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di dua tempat yaitu di ruang kesenian SMPN 253 Jakarta Selatan, dan di Sanggar Setia Muda di Jakarta Selatan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2020 sampai Desember 2020. Objek penelitian ini yaitu mengenai strategi pembelajaran, dengan memfokuskannya saat proses pembelajaran pada ekstrakurikuler musik gambang kromong di SMP Negeri 253 Jakarta Selatan. Hasil Penelitian ini adalah Terdapat dua jenis strategi yang digunakan di SMP negeri 253 Jakarta Selatan, yaitu strategi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dan strategi pembelajaran yang berpusat pada pendidik. Akan tetapi, pada pelaksanaannya strategi pembelajaran yang berpusat dari pendidik lebih dominan digunakan karena lebih efektif. Ada juga perbedaan unik cara penerimaan anggota baru dari pelatih terdahulu dengan sekarang, yang mana pelatih terdahulu mencari anak-anak peserta didik ekstrakurikuler Gambang kromong dari nilai matematikanya, sedangkan pelatih sekarang cenderung kepada pilihan masing-masing dari peserta didik dengan tujuan agar peserta didik bisa belajar dengan sepenuh hati tanpa paksaan. Implikasi Penelitian dengan adanya penelitian ini diharapkan literatur mengenai strategi pembelajaran yang berkaitan dengan ekstrakurikuler Gambang Kromong dapat bermanfaat sebagai informasi baru seputar pembelajaran gambang kromong di sekolah-sekolah. Dengan mulai adanya berbagai penelitian atau buku mengenai strategi pembelajaran yang mengenai kesenian gambang kromong maka kesenian tradisional khususnya pemahaman dasar tentang strategi pembelajaran pada musik Gambang Kromong untuk ekstrakurikuler di sekolah-sekolah semakin membuat Kesenian Gambang Kromong semakin Berkembang. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, musik Gambang Kromong, SMP Negeri 253 Jakarta Selatan THOMAS, 2021. Extracurricular Learning Strategies of Gambang Kromong Music at SMP Negeri 253, South Jakarta. Music Study Program, Faculty of Language and Arts, Jakarta State University. The purpose of this study is to describe the learning strategy applied to the Gambang Kromong extracurricular at SMPN 253 South Jakarta, so that it can be applied by other schools that have the Gambang Kromong extracurricular with the intention of helping to preserve and also study the local content that exists in art in DKI Jakarta. The research method used is a qualitative descriptive method. The research site was conducted in two places, who lives in the art room of SMPN 253, South Jakarta, and at Sanggar Setia Muda in South Jakarta. When the research was conducted in August 2020 to December 2020. The object of this research is about learning strategies, by focusing on it during the learning process on extracurricular gambang Kromong music at SMP Negeri 253 South Jakarta. The results of this study are that there are two types of strategies used in SMP Negeri 253 South Jakarta, namely learning strategies centered on learners, and learning strategies centered on educators. However, in practice the teachercentered learning strategy is more dominant because it is more effective. There are also unique differences in the way of admitting new members from the previous trainer with the present, where the previous trainer looked for the children of the Gambang Kromong extracurricular students from their mathematical values, while the trainers now tend to choose each of the students with the aim that students can learn wholeheartedly without coercion. Research implications with this research, it is hoped that the literature on learning strategies related to the Gambang Kromong extracurricular activity can be useful as new information about learning about Gambang Kromong in schools. With the start of various studies or books on learning strategies regarding the art of Gambang Kromong, traditional arts, especially the basic understanding of learning strategies in Gambang Kromong music for extracurricular activities in schools, are increasingly making the Gambang Kromong Art more Developed. Keywords: Learning Strategy, Extracurricular, Gambang Kromong music, SMP Negeri 253 South Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Didin Supriadi, S.Sen., M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Literatur Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Users 9561 not found.
Date Deposited: 26 Feb 2021 10:26
Last Modified: 26 Feb 2021 10:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item