MODEL LATIHAN PASSING ATAS BOLAVOLI BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI USIA SMP

KHUROTUL AINI, . (2021) MODEL LATIHAN PASSING ATAS BOLAVOLI BERBASIS PERMAINAN UNTUK PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI USIA SMP. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (749kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan model latihan berupa variasi-variasi passing atas bolavoli berbasis permainan untuk peserta ekstrakurikuler bolavoli usia SMP. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui hasil penerapan model latihan passing atas bolavoli melalui uji efektivitas pada peserta ekstrakurikuler bolavoli tingkat sekolah menengah pertama. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Research and Development (R& D) dari Borg & Gall dengan menggunakan sepuluh langkah. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler bolavoli di Kota Makassar. Untuk melakukan uji efektivitas menggunakan instrumen tes passing atas dari Russel-Lange. Rancangan penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design untuk mengetahui kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Uji signifikansi efektifitas dan efisiensi model latihan bolavoli berbasis permainan dilakukan pada dua kelompok dengan menggunakan prosedur uji-t dan aplikasi SPSS 21. Sebelum data dianalisis dilakukan uji normalitas terhadap hasil peningkatan kelompok eksperimen (n=60) dan kelompok kontrol (n=60) pada keterampilan passing atas bolavoli dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov pada taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi untuk data kelompok eksperimen sebesar 0,090 dan data kelompok kontrol sebesar 0,065. Karena nilai signifikansi kedua kelompok lebih besar dari α (0,05) maka keseluruhan data kelompok penelitian berdistribusi normal. Uji Efektivitas model passing atas bolavoli menggunakan t-test dengan nilai kolom Equal variances assumed dan Levene's Test for Equality of Variances diperoleh nilai F = 3,333 dengan nilai sig atau p-value = 0,070 > 0.05, yang berarti varians populasi kedua kelompok sama atau homogen, maka hasil uji hipotesis pada Equal variances assumed dan t-test for Equality of Means diperoleh nilai t = 10,971, df =18 dan sig (2 tailed) atau p-value = 0.000 < 0.05 atau H0 ditolak. Dengan demikian passing atas kelompok eksperimen lebih tinggi atau efektif dari pada kelompok kontrol. Maka model latihan passing atas bolavoli berbasis permainan secara efektif dan efisien diberikan kepada peserta ekstrakurikuler bolavoli di sekolah menengah pertama. The purpose of this research is to develop a training model of overhead pass variations on game-based volleyball. This study was also conducted to find out the results of the application of the passing practice model for volleyball through effectiveness tests on volleyball extracurricular participants at the junior high school level. This research and development used the Research & Development (R&D) method of Borg & Gall using ten steps. The subjects of this research and development were male students who participated in volleyball extracurricular activities in Makassar City. To conduct an effective test by using the pass test instrument from Russel-Lange. The design of this study used a pretest-posttest control group design to determine the initial ability of the experimental group and the control group. A significance test of the effectiveness and efficiency of the gamebased volleyball training model was carried out in two groups using the t-test procedure and the application of SPSS 21. Before the data were analyzed normality tests were carried out on the results of increasing the experimental group (n = 60) and the control group (n = 60) on passing skills on volleyball using the Kolmogorov-Smirnov test at the real level α = 0.05. The results showed a significant value for the experimental group data of 0.090 and the control group data of 0.065. Because the significance value of the two groups is greater than α (0.05), the overall data of the study group is normally distributed. The effectiveness test of passing the volleyball model uses a t-test with Equal variances assumed and Levene's Test for Equality of Variances column values obtained F = 3.333 with sig or p-value = 0.070> 0.05, which means the population variance of the two groups is the same or homogeneous, then the results of hypothesis testing on Equal Variances Assumed and t-test for Equality of Means obtained values of t = 10.971, df = 18 and sig (2 tailed) or p-value = 0.000 <0.05 or H0 rejected. Thus the passing of the experimental group is higher or more effective than the control group. Then the model of the passing game on volleyball based game can be effectively and efficiently given to the volleyball extracurricular participants in junior high school.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Ramdan Pelana, M.Or.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: pasca .
Date Deposited: 02 Mar 2021 05:48
Last Modified: 02 Mar 2021 05:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/13529

Actions (login required)

View Item View Item