MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG 02 MENTENG JAKARTA PUSAT

Mega Yuwita Pertiwi, . (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE PADA SISWA KELAS V SDN MENTENG 02 MENTENG JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Jurnal Mega Yuwita Pertiwi.pdf

Download (461kB)
[img] Text
Skripsi Mega Yuwita Pertiwi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Menteng 02 Menteng Jakarta Pusat dengan menggunakan pendekatan whole language. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Menteng 02 Menteng Jakarta Pusat pada semester II tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah siswa kelas V sebanyak 28 siswa. Metode yang digunakan dalam penenelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model siklus dari Kemmis dan McTaggart melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes, pengamatan tindakan, dan catatan lapangan. Hasil evaluasi tes membaca pemahaman yang diperoleh siswa pada siklus I baru 75% siswa mencapai skor ≥ 75 dan pada siklus II semua siswa mencapai skor ≥ 75. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil yang dicapai siswa mengalami peningkatan sebesar 25%. Hal tersebut dikarenakan efektivitas penggunaan pendekatan whole language pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan pendekatan whole language pada pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V SDN Menteng 02 Menteng Jakarta Pusat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. ; 2). Drs. A.R Supriatna, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Nov 2019 11:33
Last Modified: 11 Nov 2019 11:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item