EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK USWATUN HASANAH JAKARTA

Melisa Laraswati, . (2016) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK USWATUN HASANAH JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (106kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
abstract.pdf

Download (76kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (85kB)
[img] Text
COVER - SKRIPSI.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (120kB)
[img] Other
LEMBAR PERSETUJUAN.PDF

Download (1MB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Melisa Laraswati.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk menilai program prakerin sebagai salah satu program untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memasuki dunia usaha/dunia industri. Penelitian ini menggunakan model evaluasi program CIPP yang diadaptasi dari model evaluasi menurut Stufflebeam, yaitu terdiri dari context, input, process, dan product. Penelitian dilaksanakan di SMK Uswatun Hasanah, Jakarta Timur, dengan responden sebanyak 115 orang (100 orang peserta didik, 10 guru pembimbing, dan 5 orang pihak DU/DI). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan penyebaran kuesioner, wawancara terstruktur, dan analisis dokumen. Kuesioner dan analisis dokumen dianalisis berdasarkan jumlah skor yang didapat dari setiap aspek, yaitu 1-4 kemudian diuraikan secara deskriptif, sedangkan wawancara dianalisis dengan uraian singkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari aspek context termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa tujuan dan lingkungan program telah sesuai dengan kebijakan pemerintah dan kompetensi administrasi perkantoran serta telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik. Hasil dari aspek input termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa sarana dan prasarana yang disediakan sudah sesuai dengan bidang usaha untuk menunjang program prakerin serta pemahaman peserta didik terhadap program prakerin. Hasil dari aspek process yang mencakup persiapan, pelaksanaan, monitoring, dan hambatan yang dialami peserta didik telah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan program. Kemudian hasil dari aspek product termasuk dalam kriteria baik yang menyatakan bahwa hasil akhir laporan prakerin dan uji kompetensi peserta didik telah mencapai nilai di atas rata-rata. Implikasi hasil penelitian adalah program prakerin yang dijalankan SMK Uswatun Hasanah berjalan dengan baik sehingga program prakerin dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memasuki dunia usaha/dunia industri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khaerudin, M.Pd ; 2). Drs. Zuhdy HS, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 11 Nov 2019 12:01
Last Modified: 11 Nov 2019 12:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/1357

Actions (login required)

View Item View Item